berita terkini

01 Okt 2019
Pembuatan Konten Video Hari Ulang Tahun TNI ke74 Tahun 201
Kota Bekasi Bidang Pengelolaan Informasi Publik PIP melaksanakan proses pembuatan konten video terhadap Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi terkait HUT TNI ke74 diruang rapat Diskominfostandi Kota Bekasi Selasa 01 10 2019 Pada kesempatan kali ini tim peliput dan publikasi bidang PIP melakukan pengambilan video dari Sekretaris Diskominfostandi terkait hari ulang tahun TNI ke 74 tahun 2019 Dalam konten video ini beliau mengucapkan dirgahayu kepada TNI yang ke74 dengan tag line TNI Profesional Kebanggaan Rakyat Setelah melakukan proses pengambilan gambar tim peliput menghimpun gambar dan video yang akan dijadikan materi yang selanjutnya dibahas bersama tim sebelum masuk pada proses editing Video yang telah melalui proses editing akan dipublikasikan melalui kanal media sosial yang dikelola oleh Diskominfostandi diantaranya Twitter Facebook dan Instagram Diskominfostandi dan Pemerintah Kota Bekasi Bidang PIP Diskominfostandi akan terus melakukan publikasi terkait ucapan dan peringatan harihari besar nasional yang dituangkan dalam berbagai media publikasi diantaranya adalah Infografis dan konten video sebagai jawaban dari tantangan dan kebutuhan informasi di era digital 4 0
Audit Surveillance Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO IEC 27001:2013
30 Sep 2019
Audit Surveillance Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO IEC 27001 201
Bekasi 27 September 2019 Bidang Teknologi Informasi Komunikasi TIK Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi Diskominfostandi telah melaksanakan Audit Surveillance Sistem Manajemen Keamanan Informasi SMKI ISO IEC 27001 2013 Audit Surveillance ini merupakan persyaratan yang harus dilalui untuk mempertahankan Sertifikasi SMKI ISO IEC 27001 2013 yang telah diperoleh Diskominfostandi Kota Bekasi sebelumnya pada tahun 2018 Ruang lingkup Audit Surveillance Tahun 209 adalah Fisik Data Center Diskominfostandi Pada kesempatan tersebut hadir sebagai Auditor dari Badan Sertifikasi PT The British Standards Institution BSI Group Indonesia Bapak R Tjokro Partono Hadir pula Kepala Bidang TIK Erwin ATD MT Kepala Seksi Keamanan Informasi Nindya Sari S Kom Kepala Seksi Infrastruktur Layanan Data Center Ali Nurcahya MT Kepala Seksi Infrastruktur Jaringan TIK Reza Nowipa Tarigan SE M Si dan beberapa pejabat fungsional beserta seluruh stap pelaksana Bidang TIK Ketua Tim Auditor Internal serta Konsultan pendamping PT Catu Daya Solusi Indonesia Galih Ginanjar Audit Surveillance SMKI diawali dengan Opening Meeting Pada Opening Meeting Auditor menjelaskan mengenai Audit Plan dan metode Audit Proses audit selanjutnya dilanjutkan dengan sesi audit Top Management pada sesi ini Kepala Bidang TIK menyampaikan gambaran mengenai Implementasi SMKI ISO IEC 27001 2013 pada Fisik Data Center Diskominfostandi Kota Bekasi Kepala Seksi Keamanan Informasi menyampaikan antara lain mengenai SK Tim Pelaksana ISO 27001 Ruang lingkup sertifikasi dan dokumen dalam konteks SMKI Dalam mempersiapkan Audit Surveillance Bidang TIK telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain Pelatihan Audit Internal SMKI Security Awareness Kegiatan Penetration Test Reviu dokumen berkas dan formulir Dokumen yang telah disusun dan diberlakukan sejak tahun 2018 antara lain terdapat 1 satu Kebijakan SMKI 4 empat Standardisasi dan 9 sembilan prosedur Dalam melaksanakan Audit selain melakukan pengecekan implementasi ISO IEC 27001 2013 dengan mengecek dokumen dan berkas Auditor juga mengecek area fisik seperti Ruang Data Center Area genset dan Area Kerja Pengelola Data Center yaitu Area kerja Teknologi Informasi dan Database Audit Surveillance ditutup dengan melaksanakan Closing Meeting Dalam Closing Meeting Auditor menyampaikan berdasarkan hasil Audit Surveillance SMKI ISO IEC 27001 2013 Tahun 2019 dengan ruang lingkup fisik data center Diskominfostandi Diskominfostandi Kota Bekasi dinilai masih konsisten menerapkan SMKI ISO IEC 27001 2013 dan tetap menyandang Sertifikat SMKI ISO IEC 27001 2013
30 Sep 2019
Pembahasan Draft Peraturan Wali Kota Pembayaran PBB Onlin
Kota Bekasi Jumat 27 09 2019 Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi Erwin Muharam S T M Si dan pelaksana bidang eGovernment menghadiri kegatan rapat pembahasan draft Peraturan Wali Kota Bekasi tentang Pembayaran Online PBB Kota Bekasi bertempat di Ruang Rapat Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi
30 Sep 2019
Perbaikan Jaringan Internet Untuk Akses Finger Print BPB
Kota Bekasi Jumat 27 09 2019 Pelaksana Bidang TIK melakukan perbaikan jaringan primer dan konektivitas Pemkot Bekasi di BPBD untuk jalur internet pc ataupun akses fingerprint dengan melakukan reconfigurasi ulang dan pengecekan modem ONU Perbaikan konektifitas merupakan tindakan untuk memperbaiki atau menghubungkan komputer client dengan komputer jaringan Tindakan yang dilakukan adalah termasuk pemasangan dan konfigurasi ulang perangkat yang diganti Pengujian atau pengetesan jaringan dilakukan untuk mengetahui apakah komputer yang kita konektifitaskan telah berhasil masuk dalam sistem jaringan yang dituju Dalam menu network tersebut kita gunakan Fine Computer dimana kita akan melakukan pencarian berdasarkan nama komputer yang ada dalam jaringan saat penentuan identification pada saat penentuan workgroup Pada dialog find computer kita mencari berdasarkan nama komputer yang dicari Hasil pencarian akan ditampilkan berupa daftar komputer yang telah sesuai dengan nama yang kita masukkan Cara pengujian hasil koneksi jaringan dapat pula dilakukan dengan cara double klik pada icon Network Neighborhood akan didapatkan daftar nama komputer yang telah masuk dalam jaringan sampai saat pengaksesan tersebut Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah komputer tersebut telah terhubung dengan jaringan adalah dengan masuk pada windows explorer disana akan memberikan informasi secara lengkap Pengujian dapat pula dilakukan dengan menggunakan Ms Dos untuk melihat konfigurasi pada TCP IP Pada windows Ms Dos ketikkan C IPCONFIG ALL IP Configuration AR
30 Sep 2019
Rapat Koordinasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat LAPOR SP4N Kabupaten Kota SeJawa Bara
Kota Bandung Kepala Biro Humas Provinsi Jawa Barat Bapak Ir H Hermasyah M Si membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat LAPOR SP4N Kabupaten Kota SeJawa Barat yang diselenggarakan pada tanggal 2526 September 2019 di Hotel Intercontinental bandung Jl Resort Dago Pakar raya 2B Kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Humas Jabar dihadiri oleh 30 orang perwakilan Kabupaten Kota yang terdapat di Provinsi Jawa Barat dan Diskominfostandi Kota Bekasi mengirimkan dua orang perwakilannya dalam acara tersebut Dalam sambutannya Kepala Biro Humas Jabar menyatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut diantaranya menambah wawasan dan peningkatan kualitas dari pengelola pengaduan masyarakat di Kabupaten Kota di Jawa Barat pada aplikasi LAPOR SP4N Lebih lanjut beliau menyatakan adanya peningkatan versi dari aplikasi LAPOR SP4N 2 0 menjadi 3 0 dan pengintegrasian sistem dari kanalkanal pengaduan yang ada di Kabupaten Kota Selain dari pada itu Provinsi Jabar juga memperkenalkan aplikasi Jabar Quick Respons yang akan terhubung dengan aplikasi LAPOR SP4N
30 Sep 2019
Pendampingan Penerapan SPBE Kabupaten Kota Provinsi Jawa Bara
Kota Bandung Senin 30 09 2019 Kepala Bidang eGovernment Dr HR DADY R DJAJAKUSUMAH S E M SI bersama Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi Erwin Muharram S T M Si menghadiri kegiatan rapat pendampingan Piloting sistem pemerintahan berbasis elektronik SPBE bertempat di Hotel Aston Pasteur Kota Bandung Kegiatan yang digagas oleh Kementrian PANRB dan Diskominfo Provinsi Jawa Barat ini untuk memberi bimbingan serta meningkatkan penerapan dan indeks SPBE Pemerintah Kabupaten Kota di Jawa Barat EGovernment atau SPBE sekarang ini merupakan pondasi penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan roda pemerintahan dengan terintegrasi dan memberikan pelayanan publik secara terpadu dan berkesinambungan Penerapan SPBE nantinya pada masingmasing Pemerintah Daerah ataupun tingkat Nasional dapat meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan secara cepat tepat serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik
30 Sep 2019
Sedekah Sampah Diskominfostandi Kota Bekas
BEKASI Pengumpulan sedekah sampah oleh Diskominfostandi di area parkir Plaza Kantor Wali Kota Bekasi Senin 30 09 2019 Bidang Pengelolaan Informasi Publik PIP menjadi koordinator pengumpulan sampah pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi Pengumpulan sedekah sampah di Diskominfostandi diatur berdasarkan bidang secara bergantian pada tiap minggunya Ini dilakukan untuk memaksimalkan pengumpulan sedekah sampah yang menjadi program Pemerintah Kota Bekasi dalam upaya mengurangi sampah anorganik Program yang telah dimulai pada tanggal 22 Juli 2019 yang lalu telah berhasil mengumpulkan sejumlah sampah anorganik yang dikumpulkan pada masing OPD dilingkup Pemerintah Kota Bekasi Sampah yang terkumpul selanjutnya ditimbang dan dikirim ke Depo Bank Sampah Induk Patriot untuk dikelola dan diolah Akumulasi jumlah sampah yang terkumpul akan diumumkan pada kesempatan apel pekan berikutnya Selain di kalangan aparatur upaya meminimalisir sampah juga diberlakukan di kalangan pedagang yang berniaga di lingkungan Pemkot Bekasi Pedagang sudah diimbau untuk menghindari penggunaan wadah sekali pakai seperti styrofoam juga meminimalisir pengggunaan plastik yang berupa gelas dan kantong
26 Sep 2019
Pertemuan silahturahmi pahlawan air sanitasi dan perilaku higienis kota bekas
Kota Bekasi 26 09 2019 Forum Peduli Sanitasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi yang di dukung oleh USAID IUWASH PLUS menggelar acara Pertemuan Silahturahmi Pahlawan Air Sanitasi dan Perilaku Higienis Kota Bekasi USAID IUWASH PLUS United States Agency for International Development USAID Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua IUWASH PLUS Sebuah Badan independen dari Pemerintah Amerika Serikat yang bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk air bersih dan sanitasi dan terus berkonsentrasi memecahkan masalah sanitasi dan air bersih di Indonesia Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua IUWASH PLUS merupakan program inisiatif untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi serta perbaikan perilaku higiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan instansi pemerintah dan donor pihak swasta LSM kelompok masyarakat dan mitra lainnya untuk mencapai hasil utama yaitu 1 Peningkatan akses untuk kualitas layanan air minum yang lebih baik bagi 1 1 juta penduduk perkotaan di mana 500 000 di antaranya adalah penduduk dengan 40 tingkat kesejahteraan terendah dari total populasi yang juga disebut sebagai B40 2 Peningkatan akses untuk layanan sanitasi yang aman bagi 500 000 penduduk perkotaan USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan 32 Pemerintah Daerah di Indonesia yang tersebar di 8 provinsi yaitu Sumatra Utara Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Sulawesi Selatan Maluku Maluku Utara dan Papua serta 2 daerah khusus yaitu DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang Kota Bekasi terpilih menjadi salah satu dari lima daerah dampingan program di wilayah Jawa Barat
25 Sep 2019
Perbaikan Wifi bekasikotapatriot Kecamatan Jatisampurn
Kota Bekasi Selasa 24 09 Staf pelaksana Seksi Infarstruktur Jaringan TIK dan Telekomunikasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfostandi Kota Bekasi melakukan pendampingan pihak PT Telkom Witel sebagai penyedia ISP dalam perbaikan akses jaringan internet wifi bekasikotapatriot wifi id di Kecamatan Jatisampurna akibat fiber optic cut Untuk mengatasi hal tersebut penyedia ISP melakukan terminasi ulang terhadap fiber optic yang mengalami putus akibat tertimpa pohon Setelah kabel dipastikan terpasang dengan baik kemudian merefresh perangkat atau melakukan reboot pada router Kemudian langkah selanjutnya dilakukan proses pengecekan dan Uji konektivitas dengan menggunakan aplikasi Test Speed Control di Kbps dan Mbps yang aktivitas utamanya adalah untuk menguji dan mengecek kecepatan status jaringan seperti PING DOWNLOAD UPLOAD dan kemudian mempercepat kekuatan sinyal Wifi Zona wifi gratis itu ditujukan untuk menambah kenyamanan dan antusias sekaligus bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar warga di ruang terbuka publik Wireless Fidelity atau WiFi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita seharihari Dengan adanya WiFi kita dapat mengakses internet dengan lebih mudah cepat stabil dan murah Bahkan gratis apabila kita menggunakan fasilitas WiFi di tempat umum
25 Sep 2019
Rapat Tinjauan Manajemen SMKI SNI ISO 27001 201
Kota Bekasi Rabu 25 September 2019 Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen SMKI SNI ISO IEC 27001 2013 di Ruang Rapat Diskominfostandi Rapat Tinjauan Manajemen ini merupakan salah satu rangkaian dalam Proses Persiapan dan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi SMKI SNI ISO IEC 27001 2013 Rapat Tinjauan Manajemen ini membahas Klausul SNI ISO IEC 27001 2013 yang mencakup pembahasan mengenai Tindak Lanjut Tinjauan Manajemen Sebelumnya Perubahan Isu Eksternal dan Internal yang relevan dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Feedback terkait IS Performance Feedback dari Pihak yang Berkepentingan Terkait Hasil dari Risk Assesment dan Status dari Risk Treatment Plan dan Peluang untuk melakukan Perbaikan yang berkesinambungan Rapat dipimpin oleh Erwin ATD MT selaku Kepala Bidang TIK dan didampingi oleh Cendo Arif Tobias dan Galih Ginanjar selaku pendamping Audit Internal dan External ISO 27001 2013 yang merupakan Management CDS Cipta Daya Solusi dan dihadiri oleh Tim Persiapan dan Penerapan SMKI ISO 27001 2013 ALi Nurcahya M Si Kepala Seksi Infrastruktur Layanan Dat center Nindya Sari S Kom M M Kepala Seksi Keamanan Informasi dan beberapa pejabat fungsional serta Staf Pelaksana dari masingseksi selaku wakil Manajemen melaporkan progress Persiapan dan Penerapan SMKI di lingkungan Bidang TIK Dalam Tinjauan Manajemen Team pendamping Auditor CDS sebagai Lead Auditor Internal memaparkan mengenai hasil Audit Internal SMKI dan Tindakan Perbaikan yang telah dilaksanakan oleh Tim Persiapan dan Penerapan SMKI Kemudian dibahas IsuIsu Internal dan Eksternal terkait keamanan Informasi di Bidang TIK Diskominfo Kota Bekasi Terkait dengan Poin mengenai Manajemen Risiko Kepala Seksi Layanan Data Center dan Kepala Seksi Keamanan Informasi Bidang TIK telah melakukan Assesment pada Tahun 2019 terhadap Sistem Keamanan Informasi yaitu Kegiatan Penetration Testing dengan beberapa obyek seperti Infrastruktur Jaringan Komunikasi Server dan lainlain Setelah Tinjauan Manajemen ini proses selanjutnya adalah Audit Sertifikasi oleh Badan Sertifikasi Audit Sertifikasi ini akan dilaksanakan 1 Hari di tanggal 27 September 2019 Diharapkan Bidang TIK Diskominfo Kota Bekasi dapat terus memperhatikan 3 poin utama dalam menjaga keamanan data dan informasi yaitu Confidentiality Kerahasiaan Integrity Keutuhan dan Availability Ketersediaan
25 Sep 2019
Pengisian Survei Integritas Organisasi dan Integritas Jabatan dari KemenPANR
Kota Bekasi Dalam rangka pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Saat ini Kementerian negara dan Reformasi Birokrasi KemenPANRB melakukan survei integritas jabatan dan kapasitas organisasi di Lembaga Pemerintahan Kota Kabupaten Bertempat diruang rapat Wakil Walikota Bekasi Rabu 25 09 19 Kepala Seksi Infarstruktur Jaringan TIK Bidang TIK Diskominfo Kota Bekasi Reza Nowipa Tarigan SE M Si beserta seluruh perwakilan Eselon III Eselon IV di unit kerja lingkungan Pemerintah Kota Bekasi yang seluruhnya berjumlah 100 seratus responden melakukan pengisian survei integritas organisasi dan integritas jabatan dari Kementerian PAN dan RB Survei integritas jabatan adalah survei yang dilakukan oleh Kementerian PAN dan RB terhadap pejabat pada instansi pemerintah guna mengukur tingkat akuntabilitas atau kepedulian aparatur dalam menjalankan peran sebagai Aparatur Sipili Negara sesuai dengan tugas dan fungsi yang diamanatkan pada jabatanya Survei ini merupakan bagian dari survei Integritas Organisasi dalam rangka Evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi


DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.

Popup Image