KOTA BEKASI - Mendekati hari raya Idul Adha Tahun 2020, persiapan dan sosialisasi terkait penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan tata cara penyembelihan hewan kurban telah digalakkan oleh Pemerintah Kota Bekasi ditengah pandemi dan adaptasi tatanan hidup baru (ATHB). Penyembelihan dan pendistribusian kurban menjadi perhatian utama dalam pencegahan penularan Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya.

Pentingnya protokol kesehatan yang harus diterapkan dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha Tahun 2020 ini mendapat perhatian dari Lurah Bintara Kecamatan Bekasi Barat, Sudarsono, SE.,MA terutama kepada para penyembelih hewan diwilayahnya. Bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Bekasi Barat dan Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha) berikan bimtek penyembelihan hewan yang sesuai dengan prosedur kesehatan dan ketentuan agama (Islam). Selasa, (28/07/2020).

Lurah Bintara mengatakan bahwa pihaknya menginisiasi dan memfasilitasi kegiatan bimtek untuk para DKM diwilayahnya untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban. |Ini adalah kegiatan positif dan terselenggara berkat kerjasama yang baik dengan DMI dan DPD Juleha Bekasi Raya mengingat begitu pentingnya manajemen kurban dan tata cara penyembelihan hewan kurban.| Ungkapnya. Beliau juga menambahkan bahwa peserta yang ikut dalam bimtek penyembelihan hewan kurban ini adalah mayoritas DKM yang ada di wilayah Bintara. Dan animo yang diberikan peserta sangat besar namun dibatasi jumlahnya mengingat protokol kesehatan yang harus dipenuhi.

Bertempat di aula Kelurahan Bintara, Bimtek manajemen dan penyembelihan hewan kurban dimulai dari pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Diharapkan dari pelatihan yang diberikan oleh DPD Juleha Bekasi Raya ini dapat memasyarakatkan penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan tuntunan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DMI Kecamatan Bekasi Barat, Ust Ahmad Faisal. |Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memasyarakatkan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat agama Islam.| Lebih lanjut beliau menyampaikan harapannya kepada para panitia kurban agar lebih siap dalam penyelenggaraan kurban dan kepada juru sembelih agar lebih memperhatikan kehalalan proses penyembelihan dan memastikan sesuai dengan syariat agama Islam. (IF-PIP)