KOTA BEKASI - Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020, Pemerintah Kota Bekasi melakukan sejumlah kegiatan tingkat Kota Bekasi. Diantaranya adalah pelaporan 18000 data layanan akseptor gratis yang telah dilakukan di tingkat Kota Bekasi, Senin ( 29/06/2020).

Upaya menekan putus pakai kontrasepsi ditengah pandemi Covid-19, BKKBN Jawa Barat gelar satu juta akseptor. Kota Bekasi mendapat target 18000 akseptor yang dilayani di 44 faskes tingkat Kota Bekasi.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Seksi Pembinaan dan Peningkatan Kesertaan ber KB ibu Dra. Rosmini, MM dari Dinas Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi menyampaikan tercapainya target akseptor di Kota Bekasi. |Dari 18000 target akseptor untuk Kota Bekasi alhamdulillah telah terlampaui, dan hari ini kami melakukan pelaporannya secara nasional.| Ungkapnya.

Dalam pelaporan akseptor ke BKKBN pusat yang dilakukan secara serentak di dua tempat berbeda yaitu di Kantor DPPKB Kota Bekasi dan di Aula Nonon Sonthanie. Dibantu oleh 72 orang operator petugas KB Kota Bekasi dengan rasio penginputan data akseptor peroperator sekitar 250 laporan. Untuk memudahkan proses pelaporan, DPPKB berkoordinasi dengan Diskominfostandi Kota Bekasi untuk memfasilitasi jaringan internet untuk memastikan pelaporan berjalan dengan baik. 

Pada puncak peringatan Harganas 2020 tingkat Kota Bekasi juga diselenggarakan beberapa kegiatan. Diantaranya pusat peringatan Harganas yang diadakan di Kelurahan Padurenan Kecamatan Mustika Jaya dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Bekasi, Kepala Dinas DPPKB dan beberapa dinas terkait. Selain itu, dalam kegiatan puncak ini pula diberikan paket bantuan sembako bagi keluarga yang membutuhkan dan kegiatan pelayanan kepada akseptor  IUD dan implan di Puskesmas Padurenan.
(IF-PIP)