Kota Bekasi - Team pelaksana teknis jaringan Bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi melakukan monitoring koneksitas jaringan TIK Diskominfo pada Pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online di seluruh SMP Negeri Tahun 2020. Monitoring koneksitas jaringan di SMP Negeri seluruh Kota Bekasi dilakukan untuk memproses pengumpulan dan melakukan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Jaringan Komputer, Senin-Jumat 08-12 Juni 2020

Monitoring jaringan ini merupakan bagian dari manajemen jaringan. Monitoring Jaringan Komputer dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Connection Monitoring
Connection monitoring adalah teknik monitoring jaringan yang dapat dilakukan dengan melakukan tes ping antara monitoring station dan device target, sehingga dapatĀ  diketahui bila koneksi terputus.
b. Traffic Monitoring
Traffic monitoring adalah teknik monitoring jaringan dengan melihat paket aktual dari traffic pada jaringan dan menghasilkan laporan berdasarkan trafficjaringan.

Tujuan Monitoring Jaringan Komputer adalah untuk mengumpulkan informasi yang berguna dari berbagai bagian jaringan sehingga jaringan dapat diatur dan dikontrol dengan menggunakan informasi yang telah terkumpul. Dengan begitu diharapkan jika terjadi touble atau permasalahan dalam jaringan akan cepat diketahui dan diperbaiki sehingga stabilitas jaringan lebih terjamin.
Berikut ini beberapa alasan utama dilakukan monitoring jaringan :
a. Untuk menjaga stabilitas jaringan.
b. Sulit untuk mengawasi apa yang sedang terjadi di dalam jaringan yang memiliki sejumlah besar mesin (host) tanpa alat pengawas yang baik.
c. Untuk mendeteksi kesalahan pada jaringan, gateway, server, maupun user.
d. Untuk memberitahu trouble kepada administrator jaringan secepatnya.Mempermudah analisis troubleshooting pada jaringan.
e. Mendokumentasikan jaringan *ARTIK