Kota Bekasi - Staf pelaksana seksi Infrastruktur Jaringan TIK dan Telekomunikasi Bidang TIK Diskominfostandi Kota Bekasi melakukan pemasangan mesin fingerprint dan enroll data pegawai sebanyak 1 unit di Dinas Tenaga Kerja. Jumat (31/01/20).

Untuk saat ini mesin finger print di Dinas Tenaga Kerja sudah terpasang, beserta pengaktifan jaringan internet untuk menunjang proses absensi kepegawaian Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi. Fingerprint adalah salah satu bentuk biometrik, sebuah ilmu yang menggunakan karakteristik fisik pegawai untuk mengidentifikasi.

Sidik jari sangat ideal untuk tujuan ini karena mereka murah untuk mengumpulkan dan menganalisis, dan mereka tidak pernah berubah bahkan dengan umur orang. Meskipun tangan dan kaki memiliki daerah bergigi yang dapat digunakan untuk identifikasi, sidik jari menjadi bentuk populer biometrik karena mereka mudah untuk mengklasifikasi dan mengurutkan.

Dalam fungsi fingerprint dapat di gunakan bermacam-macam pengaplikasian misalnya buat absensi di kantor yang udah menggunakan sistem biometrik fingerprint atau buat sistem pengaman laptop dan juga dapat di gunakan untuk idenfikasi masalah yang sering di gunakan pada pihak kepolisian untuk menyelesaikan kasus, tapi pada intinya hanya buat identifikasi dan verifikasi.

Sebuah sistem fingerprint scanner memiliki dua pekerjaan, yakni mengambil gambar sidik jari, dan memutuskan apakah pola alur sidik jari dari gambar yang diambil sama dengan pola alur sidik jari yang ada di database. Ada beberapa cara untuk mengambil gambar sidik jari seseorang, namun salah satu metode yang paling banyak digunakan saat ini adalah optical scanning.

Inti dari scanner optical adalah charge coupled device (CCD), sistem sensor cahaya yang sama digunakan pada kamera digital dan camcorder. CCD merupakan sebuah larik sederhana dari diode peka cahaya yang disebut photosite, yang menghasilkan sinyal elektrik yang merespon foton cahaya. Setiap photosite merekam sebuah pixel, titik kecil yang merepresentasikan cahaya dan membenturnya. Pixel-pixel ini membentuk pola terang dan gelap dari sebuah gambar hasil scan sidik jari seseorang. AR (TIK)