Kota Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi mencanangkan bebas kantong plastik sekali pakai pada pusat perbelanjaan dan kawasan ritel tahun 2020. Untuk mewujudkan hal tersebut Pemkot Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai yang diselenggarakan di Metropolitan Mall Bekasi, Senin (30/12/2019). 

Kampanye ini juga melibatkan komunitas pecinta lingkungan, asosiasi dan anggota perusahaan ritel modern, dan kepala pasar traditional se-Kota Bekasi. 

Rangkaian kegiatan kampanye ini diawali dengan Talk Show Lingkungan dengan tema |Bijak Menggunakan Plastik|. Sebagai narasumber pada talk show kali ini adalah ketua penggiat bank sampah Induk Patriot, aktivis Walhi, Ketua APRINDO, ketua APPBI, dan Milenial pecinta Lingkungan. 

Afifah, milenial penggiat dan pecinta lingkungan yang merupakan salah satu founder Enviro Army dari SMAN 6 Kota Bekasi yang sudah melakukan kampanye terkait lingkungan hidup hingga ke mancanegara ini menuturkan ketertarikannya pada pelestarian lingkungan dan pengurangan sampah karena melihat masih banyaknya sampah yang ada di sekolah dan perlu adanya gerakan untuk mengurangi sampah yang ada. |Saya bersama teman-teman di sekolah saya membentuk Enviro Army sebagai wadah organisasi pecinta lingkungan dan bekerjasama dengan berbagai organisasi termasuk dengan Kedutaan Amerika Serikat|.

Kampanye dilanjutkan dengan deklarasi pengurangan penggunaan kantong plastik bersama dengan berbagai pihak dari penggiat lingkungan, organisasi kemasyarakatan, asosiasi Pengusaha ritel dan usur SKPD Pemerintah Kota Bekasi. 

Deklarasi ini adalah sebagai komitmen bersama, anatara Pemerintah Kota Bekasi, pihak swasta khususnya pengusaha ritel modern dan pasar tradisional, penggiat lingkungan hidup dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mengurangi volume sampah dan ikut menjaga kelestarian lingkungan khususnya di Kota Bekasi.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono dalam sambutannya mengatakan bahwa Kota Bekasi adalah Kota ketiga di Indonesia setelah Bali dan Bogor yang mendeklarasikan Kota Zero Plastik. |Kota Bekasi telah memulai program pengurangan sampah dengan program sedekah sampah yang dikelola oleh Bank Sampah Induk Patriot, kemudian pelarangan menggunakan Plastik dan botol air mineral dengan mengganti dengan tumbler di lingkungan Kantor Pemerintah Kota Bekasi|.

Diakhir rangkaian acara, mas Tri bersama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana, S. Sos., mengunjungi gerai UKM produk-produk kerajinan dari hasil daur ulang sampah yang diproduksi oleh penggiat bank sampah yang dipamerkan di Mall Metropolitan Bekasi. (IF-PIP)