Kota Bekasi - Precision Air conditioner atau biasa disebut AC Presisi atau PAC Data Center dilakukan Preventive Maintenance secara periodik oleh pihak ketiga dari PT. Pradana Airsistem Ciptana yang sudah kontrak kerjasama dalam hal perawatan AC Precisi Data Center secara Periodic. Preventive tersebut meliputi Cleaning Filter Unit Outdoor, pengecekan tegangan dan resistansi kontaktor motor fan serta pengecekan tekanan freon, Selasa (05/11/2019).

Preventive maintenance secara periodic ini dilakukan mencegah timbulnya kerusakan- kerusakan yang tidak terduga dan menemukan kondisi atau keadaan yang dapat menyebabkan fasilitas produksi mengalami kerusakan pada waktu proses produksi. Jadi, semua fasilitas produksi yang mendapatkan perawatan (preventive maintenance) akan menjamin kontinuitas kerjanya dan selalu diusahakan dalam kondisi atau keadaan yang siap dipergunakan untuk setiap operasi atau proses produksi pada setiap saat.

Dalam lingkungan ruang server (atau Data Center), sangat penting untuk dijaga suhu dan kelembabannya. Oleh karena itu diperlukan masukan udara dingin (cold intake air) dan perputaran udara (air flow) untuk menjaga suhu perangkat. Ketika memperhatikan kedua faktor ini, maka tidak juga bisa berlebihan.

Udara yg terlalu dingin dapat menyebabkan ekspansi panas dan isu kondensasi. Dan perputaran udara yg terlalu tinggi juga menyebabkan permasalahan di akustik dan limitasi fisik. Sistem pendingin yang terlalu bergantung pada satu sisi saja dari hal diatas akan menyebabkan investasi perangkat yg tinggi dan biaya operasional meninggi.

AC Presisi atau biasa disingkat PAC(Precision Air Conditioning) adalah salah satu sistem pendingin yang dibuat untuk menjaga secara konstan suhu (Temperature) 18 s.d 24 derajat celcius dan kelembaban (RH: Relative Humidity 50% dengan toleransi ± 5%) pada suatu ruangan tertutup yang didalamnya terdapat perangkat yang membutuhkan pendingin secara kontinyu.

Selama beroperasi PAC tersebut dapat mempertahankan suhu dan kelembaban secara konstan dan stabil selama 24 jam terus menerus.