Kota Bekasi – Untuk memantapkan program kerja Pemerintah Kota Bekasi terkait dengan pembangunan Command Center,  team teknis Bidang TIK Diskominfo Kota Bekasi segera melakukan rapat internal berupa pembahasan Road Map dan Matrik terkait dengan pembangunan tersebut.

Rapat internal ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang TIK Erwin ATD, MT beserta Jajaran Struktural dan Staf Pelaksana yang terkait.  Pembahasan Road Map dan Matrik pembangunan Command Center sebagai acuan dalam hal penetapan dari segi sarana dan prasarana yang mana ada tingkat kelebihan  dan kekuranganya, yang nantinya hasil dari rapat ini akan dikoordinasikan dengan Walikota. Senin (07/10/19) .

Secara umum Command Center (CC) dapat diartikan sebagai lokasi/tempat untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan dalam mendukung respon suatu kejadian penting. Tujuan dari CC adalah mengumpulkan dan memproses informasi yang dibutuhkan agar dapat memanage berbagai kejadian dan kesadaran situasional secara cepat dan efektif. Command center adalah fasilitas yang dirancang untuk menampilkan data dari berbagai sumber secara simultan sehingga mempermudah akses dan pengolahan data. Command Center pun dinilai dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses Informasi terait Tatakelola Pemerintahan.

Pada command center pemerintahan daerah, salah satu fungsi terpenting adalah untuk menampilkan semua data dari setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) secara real time dan simultan sehingga Kepala Daerah mampu mengetahui kondisi daerah yang dipimpinnya sehingga dapat mengambil satu keputusan yang tepat dan cepat. Command center juga sangat cocok dimana response cepat tanggap darurat dibutuhkan, seperti salah satunya untuk monitoring lalu lintas. Dengan adanya Command Center, Dinas-dinas tersebut akan disinergikan dalam satu ruangan untuk menerima laporan masyarakat dan memantau selama 24 jam.

Produk yang paling cocok untuk Command Center adalah Video Wall, di mana memungkinkan untuk menampilkan berbagai data secara bersamaan dengan resolusi tinggi.  Terlebih karena perkembangan Video Wall yang kini semakin canggih, mampu menampilkan data 24/7 dengan tampilan yang nyaris sempurna (Near-Seamless) dengan Bezel Setipis 1.7mm.