KOTA BEKASI - Wali Kota Bekasi bersama dengan Perangkat Daerah melakukan paparan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di Media Center Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. Senin, (14/9/2020).

Sakip adalah sistem yang terintegrasi dengan sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan. Oleh karena itu setiap organisasi atau Perangkat Daerah wajib mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaian dengan ketentuan yang berlaku.

Diskominfostandi Kota Bekasi menjadi salah satu Perangkat Daerah yang hadir dalam pemaparan Sakip Kota Bekasi yang disampaikan oleh Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi bersama dengan sejumlah Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi dihadapan tim dari Kementerian PANRB secara virtual. Pemaparan Wali Kota Bekasi berlangsung kurang lebih selama 20 menit dan disusul dengan pemaparan dari Kepala DPMPTSP dan Direktur RSUD Kota Bekasi. Selesai pemaparan Sakip Kota Bekasi, tim dari Kementerian PANRB memberikan beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh Wali Kota Bekasi dengan lugas dan komprehensif.

Hadir pula dalam pemaparan Sakip, Wakil Wali Kota Bekasi, Sekretaris Daerah Kota Bekasi dan beberapa perwakilan Pimpinan Perangkat Daerah Kota Bekasi. Sakip menjadi hal yang sangat-sangat penting khususnya bagi Kepala Daerah, Sakip akan sangat berguna untuk bisa mengukur setiap pembangunan atau kinerja yang dilakukan masing-masing Perangkat Daerah. Selain itu, sistem ini bisa juga dijadikan sebagai tolok ukur dalam mempertanggungjawabkan anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah. (IF-PIP)