Diskominfostandi Hadiri Apel Siaga Bencana dan Pengukuhan Tim Kampung Siaga Bencana Bekasi Timur

29 September 2023user
Diskominfostandi Hadiri Apel Siaga Bencana dan Pengukuhan Tim Kampung Siaga Bencana Bekasi Timur
KOTA BEKASI - Kementerian Sosial RI bersama dengan Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Sosial melakukan giat apel siaga bencana sekaligus mengukuhkan Tim Kampung Siaga Bencana di wilayah Kecamatan Bekasi Timur. Jum'at (29/09/2023).

Apel siaga yang digelar di halaman kantor Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur dihadiri langsung oleh Hasatama Hikmah selaku Ketua Pokja Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Direktorat Kementerian Sosial RI, Alexander Zulkarnain Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Fitri Widyati Camat Bekasi Timur serta tamu undangan lainnya dari unsur TNI-Polri, Basarnas, BPBD Kota dan Diskominfostandi Kota Bekasi.

Kegiatan yang telah berlangsung selama tiga hari ini, dimulai dari tanggal 26, 27 dan ditutup pada tanggal 29 September 2023, diikuti oleh 40 orang relawan yang dikukuhkan sebagai Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi.

Di hari terakhir juga digelar simulasi kesiapsiagaan bencana oleh tim KSB. Dimulai dari simulasi  pembekalan kepada masyarakat terkait mitigasi bencana, koordinasi dengan Tagana Kota Bekasi, penanganan bencana dengan membuat jalur evakuasi, pertolongan kepada korban bencana dengan alat-alat sederhana hingga evakuasi korban menuju tenda untuk dilakukan pengobatan yang telah dilengkapi dengan logistik.

Camat Bekasi Timur, Fitri Widyati memberikan keterangannya usai kegiatan dilaksanakan. "Atas nama masyarakat Bekasi Timur, saya ucapkan terimakasih kepada Kemensos RI, Dinas Sosial Kota Bekasi yang telah membentuk Tim Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Bekasi Timur. Saya berharap tim yang telah dibentuk ini dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat apabila terjadi bencana di wilayah Bekasi Timur." Ungkapnya

Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Alexander Zulkarnain menyampaikan bahwa pembentukan tim ini adalah bentuk keterlibatan masyarakat dalam penanggulangan dan penanganan bencana. "Semangat kebersamaan dan kolaborasi yang harus terus kita jaga terutama dalam penanganan bencana dan masalah sosial lainnya, karena Dinsos tidak bisa bekerja sendiri, untuk itu dibutuhkan keterlibatan masyarakat sebagai upaya siaga bencana yang dapat terjadi." Tutupnya

Hasatama Hikmah dari Direktorat PSKBA Kementerian Sosial RI mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Bekasi, dalam hal ini Dinas Sosial dan Kecamatan Bekasi Timur. Kementerian Sosial juga mendukung kegiatan ini memberikan bantuan sejumlah logistik serta pembekalan kepada peserta dari Kampung Siaga Bencana. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dengan tamu undangan dan Tim Kampung Siaga Bencana. 

(IF-PIP)
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.

Popup Image