Talkshow Literasi Digital dan Anti Hoaks

21 Juli 2023user
Talkshow Literasi Digital dan Anti Hoaks
KOTA BEKASI - Maraknya berita hoaks menjelang tahun politik menjadi persoalan bersama yang harus diwaspadai. Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian memberikan edukasi pencegahan berita hoaks melalui talkshow pada media radio lokal yang ada di Kota Bekasi. Jum'at, (21/07/2023).

Literasi Digital dan Anti Hoaks di Tahun Politik menjadi tema pada talkshow kali ini. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Selamat Gunawan menjadi narasumber pada Radio lokal, yaitu Radio Elgangga 10.3 FM dan Radio Dakta 107 FM.

Di era digital sekarang ini, pemahaman terhadap literasi digital menjadi mutlak dibutuhkan untuk menangkal berita hoaks. Dimulai dari kritis terhadap berita yang didapat dan tidak cepat menyebarkan informasi sebelum tahu sumber dari informasi tersebut, sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid PIP.

"Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menangkal hoaks, diantaranya adalah dengan berfikir kritis dan mencari sumber informasi yang dapat dipercaya, sehingga informasi yang didapat dipastikan dari sumber resmi dan terpercaya, kemudian saring dulu sebelum sharing." Ungkap Selamat Gunawan.

Berdasarkan data di tahun 2019, tahun politik menjadi tahun rawan peningkatan berita hoaks. Oleh karena itu, menjelang tahun politik 2024 perlu terus ditingkatkan literasi digital kepada masyarakat agar tidak terjebak dan masuk ke dalam dampak dari berita hoaks yang sangat merugikan seperti menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

Diharapkan dengan adanya edukasi melalui talkshow siaran radio diharapkan masyarakat akan lebih faham akan pentingnya literasi digital dalam menangkal berita hoaks apalagi menjelang tahun politik ini. "Mari kita sama-sama sukseskan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan kita sambut, jaga persatuan dan jangan termakan oleh berita hoaks." Tutup Selamat Gunawan.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.

Popup Image