Pemkot Bekasi Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

21 Desember 2022user
Pemkot Bekasi Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional
Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menggelar Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tingkat Kota Bekasi Tahun 2022 yang bertempat di Balai Patriot Komp. Perkantoran Pemerintah Kota Bekasi Jl.Jend Ahmad Yani No.1, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia dan bisa dilakukan Live Streaming Youtube Pemkot Bekasi dari jam 09:00 WIB sampai selesai. (21/12/2022) 

Tema dalam peringatan hari kesetiakawanan sosial nasional tingkat kota Bekasi Tahun 2022 ialah “Bangkit Bersama Membangun Bangsa”

Acara dihadiri PLT Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono, Ibu PLT Walikota Bekasi Wiwiek Hargono, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi Alexander Zulkarnain, Ketua Foz (Forum Zakat) Bekasi Raya Muhammad Anwar, perwakilan dari DPRD Kota Bekasi, Kapolres Kota Bekasi, Dandim, Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, serta OPD se-Kota Bekasi. 

Latar belakang dalam kegiatan ini ialah kesetiakawanan sosial pada hakekatnya merupakan suatu kemauan untuk bersatu dalam solidaritas sosial, kesamaan nasib, saling peduli, dan berbagi yang dilandasi kerelaan, kesetiaan, toleransi dan tidak diskriminasi dalam membangun persaudaraan majemuk Indonesia.

“Kesetiakawanan sosial perlu direalisasikan dalam kehidupan kita bukan hanya dibicarakan. Dalam arti benar-benar bertindak saling membantu” Ujar Alexander Zulkarnain, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi. 

Dasar Pelaksanaan kegiatan yang pertama adalah UU No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial kemudian Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penguatan Kesetiakawanan Sosial, lalu Peraturan Walikota Bekasi No. 110 Tahun 2021.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yang pertama adalah Untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial. Yang kedua sebagai stimulas berbagai gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial, meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial. 

Ujar Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Alexander Zulkarnain “Mengingatkan semua pihak untuk selalu berupaya mendorong perwujudan masyarakat inklusi dan membuka kesempatan seluas-luasnya serta menghilangkan hambatan bagi penyandang disabilitas sehingga mereka dapat berperan dan berkontribusi secara aktif di tengah masyarakat.”

Lalu ada sambutan dari Ketua Foz Bekasi Raya Muhammad Anwar berujar “Mudah-mudahan momen ini adalah momen kita berbagi, momen kita memberikan kepedulian sesama kita.”

“Kita mendeklarasikan dari lembaga amal dan zakat bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan ber sama-sama menuntaskan kemiskinan ekstrem di Kota Bekasi.” Ujar Muhammad Anwar

Lanjut berujar Ketua Foz Bekasi Raya “Mudah-mudahan kedepan ada sebuah fasilitas, koordinasi, pembinaan dari pemerintah kota kepada lembaga amal zakat. Apa yang menjadi cita-cita kita menuntaskan kemiskinan ekstrem 2024 bisa tercapai.”

“Membatu itu bisa bermacam-macam dimulai membantu dukungan operasional, dalam bentuk tenaga, dan yang terakhir berharap do’a-do’a yang terbaik dari kita semua, untuk memberikan motivasi.” Ujar PLT Walikota Bekasi

Lanjut Ujar Tri Adhianto “Mudah-mudahan kalau kita bangkit bersama dapat membangun bangsa negara ini.”

Acara diakhiri penyerahan bantuan disabilitas dan bantuan sosial secara simbolis yang akan diberikan kepada Nia Pemalasari, Oscar Sebastian, Sarilandap dan Umi Rosa. Bantuan ini diantaranya alat bantu dengar, bantuan BLT dampak inflasi dan diberikan oleh Dinas Sosial Kota Bekasi. 

RY
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.

Popup Image