Diskominfostandi Kota Bekasi Gelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi

28 November 2022user
Diskominfostandi Kota Bekasi Gelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi

Kota Bekasi – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Bekasi menggelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi dengan tema "Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi". Acara ini diselenggarakan di Balai Patriot Kantor Wali Kota Bekasi Jl. A.Yani No.1, Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan. Senin, (28/11/22).

Pelaksanaan sosialisasi ini diselenggarakan oleh bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berlangsung pada hari Senin 28 November 2022, dimulai dari pukul 08.00 - 12.00 WIB. Sosialisasi ini menghadirkan 100 Peserta dari Perangkat Daerah yang merupakan Pejabat Penghubung (Sekdis dan Sekcam) serta Admin Pengelola Media Sosial Perangkat Daerah se-Kota Bekasi.

Dalam Pembukaan Sosialisasi ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Hudi Wijayanto selaku Kepala Diskominfostadi Kota Bekasi. Selain itu, hadir pula Melita Irmasari dan Ikrima Galuh Nasucha, yang merupakan narasumber dari Direktorat Keamanan Siber Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

Dalam sambutan oleh ketua penyelanggara Inryd Arieswaty yang juga merupakan Kepala Bidang TIK, menjelaskan tujuan dari acara sosialisasi ini. "Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi bagi Aparatur Pemerintah Kota Bekasi adalah untuk memberikan pemahaman akan pentingnya kesadaran keamanan informasi bagi OPD dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi". Ujarnya.

Menurut Hudi Wijayanto selaku Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, informasi merupakan suatu hal yang bersifat pribadi dan harus dilindungi keamanan serta kerahasiaannya. Ketersediaan dan keaslian informasi khususnya bagi lingkup Pemerintahan, merupakan hal penting yang perlu dipublikasikan kepada masyarakat luas yang kontennya tidak bisa diubah secara sewenang-wenang oleh siapapun.

"Pengamanan terhadap informasi merupakan aspek yang sangat penting karena merupakan aset Pemerintah yang perlu dikelola dengan baik untuk mencegah terjadinya kebocoran atau hoaks yang dapat dipergunakan secara tidak bertanggung jawab, sehingga dapat membahayakan keamanan Nasional maupun Pemerintah Daerah". Ungkapnya.

Narasumber juga memaparkan tentang resiko keamanan siber dengan bijak bermedia sosial, saring sebelum sharing. "Bukan untuk menakuti bapak dan ibu, tapi saya mengingatkan untuk lebih aware terhadap kemanan data pribadi kita" ujar Ikrima.

Lalu Melita juga mengingatkan waspada oversharing dengan mengelola baik jejak digital "mulai dari sekarang bapak-ibu untuk stop oversharing dan membedakan mana yang baik untuk di upload dan mana yang tidak baik untuk di share dan selalu menjaga privasi data pribadi kita." Tutupnya.

AP/DN (PIP)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.