Diskominfostandi Gelar FGD Percepatan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat Melalui SP4N-LAPOR! Kota Bekasi.

24 November 2022user
Diskominfostandi Gelar FGD Percepatan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat Melalui SP4N-LAPOR! Kota Bekasi.

Kota Bekasi – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Bekasi menggelar Focus Group Discusion (FGD), dengan tema "Penguatan Kapasitas Pejabat Penghubung dan Admin Pengelola Pengaduan Perangkat Daerah/BUMD Dalam Rangka Percepatan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat SP4N-LAPOR! Kota Bekasi". Kegiatan ini bertempat di Balai Patriot Kantor Wali Kota Bekasi Jl. A.Yani No.1, Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan. Kamis, (24/11/22).

Pelaksanaan FGD ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada hari ini tanggal 24 November 2022 hingga 25 November 2022. FGD ini dihadiri oleh 120 orang peserta yang terdiri dari 44 Perangkat Daerah dan 2 BUMD yang merupakan Pejabat Penghubung dan Admin Pengelola Pengaduan Perangkat Daerah/BUMD Kota Bekasi.

Hadir pula dalam acara ini Zalaludin, selaku Sekretaris Diskominfostandi Kota Bekasi yang sekaligus membuka acara secara resmi. Selain itu, hadir pula Adelina Murni Siahaan sebagai Ketua Penyelenggara FGD tersebut.

Pada FGD kali ini, yang menjadi narasumber adalah Olvi Lusianti Dewi,  Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya serta Hasan Bisri Nur Faiz selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pan-Rb RI.

Dalam pembukaan FGD, Zalaludin selaku Sekretaris Diskominfostandi Kota Bekasi mengajak Pejabat Penghubung dan Admin Pengelola Pengaduan Perangkat Daerah/BUMD untuk sama sama mewujudkan percepatan tindak lanjut pengaduan masyarakat SP4N-LAPOR! Kota Bekasi.

"Pada Kesempatan ini saya mengajak hadirin untuk menumbuhkembangkan kesadaran, kepedulian dan membangun komunikasi untuk merespon dengan cepat dan tepat segala laporan dan pengaduan dalam memberikan layanan pengaduan yang berkualitas bagi publik khususnya di Kota Bekasi." Ujarnya.

Adelina Murni Siahaan juga menyampaikan dalam sambutannya mengenai harapan dari acara ini.  "Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya komitmen bersama antara Koordinator Kota dengan Pejabat Penghubung dalam merespon dan penanganan pengaduan masyarakat secara cepat yang tentunya akan berdampak positif pada layanan publik dari Pemerintah Kota Bekasi." Ungkapnya.

Forum tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan komitmen bersama dalam rangka percepatan tindakan lanjut penanganan pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui kanal pengaduan SPAN-LAPOR!.

Hasan Bisri sebagai narasumber juga menyampaikan hasil kinerja SP4N-LAPOR! Kota Bekasi. "Sebanyak 466 jumlah laporan yang diperoleh, 95% ditinjak lanjuti dan 5,8% tidak ditinjak lanjuti. Saya sangat apresiasi capaian dari Kota Bekasi, dengan kata lain Kota Bekasi sudah cukup baik dalam menindak lanjuti program SP4N-LAPOR!, hanya tinggal sedikit lagi untuk ditingkatkan." ujarnya

Olvi Lusianti juga mejelaskan bahwa banyaknya pengaduan masyarakat adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat terhadap layanan publik yang diberikan oleh Pemerintah. "Tidak semua instansi yang mendapat pengaduan masyarakat itu berarti berkinerja kurang baik, melainkan bentuk kepedulian masyarakat terhadap  layanan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah atau instansi tersebut, jadi tugas kita adalah merespon dan menindak lanjuti pengaduan dari masyarakat." Jelas Olvi Lusianti Dewi, narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya.

AP/DN

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.