Sapa Warga Optimalisasi Fungsi Saluran Bersama URC DBMSDA

20 Juli 2022user
Sapa Warga Optimalisasi Fungsi Saluran Bersama URC DBMSDA
KOTA BEKASI - Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Dr.Arief Maulana, ST, MM. dan Kepala Bidang Sumber Daya Air Anjar Budiono, ST,MM. menjadi narasumber pada acara sapa warga pekan ini, dengan mengangkat tema optimalisasi fungsi saluran bersama URC SDA disiarkan dari Command Center Pemerintah Kota Bekasi yang berlangsung dengan baik. Rabu (20/07/2022). 

Acara sapa warga ini dibuka oleh moderator Grabiela Widharani. Selain itu, acara ini juga diselenggarakan secara langsung melalui platform zoom.us dan youtube Pemerintah Kota Bekasi. 

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi memberikan pemaparan mengenai hal-hal yang menyebabkan Kota Bekasi masih dilanda banjir dan juga solusi yang dilakukan untuk menanggulangi banjir tersebut. Hal-hal yang menyebabkan Kota Bekasi dilanda banjir yaitu kondisi geografis yang relatif datar serta memiliki cekungan, alih fungsi lahan pada hulu, tengah, dan hilir, crossing tol, penyempitan saluran, pendangkalan saluran,  pembuangan sampah liar, dan kenaikan permukaan air laut.

Untuk solusi dan upaya pengendalian banjir itu sendiri yakni menangkap dan menahan air (membangun infrastruktur bangunan air seperti polder dan sumur resapan air), menambah kapasitas tampungan (revitalisasi sungai dan drainase), dan mengalirkan air dengan secepat-cepatnya (normalisasi sungai).  Juga dibentuknya Tim Pematusan yang mana hal ini dilakukan dalam langkah sebagai pengendalian banjir. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kadis DBMSDA. “Mudah-mudahan kedepan lebih terbangun lagi hubungan sinergitas masyarakat sehingga bisa bertambah lagi Tim Pematusan, begitu juga melibatkan dengan masyarakat sehingga terbentuk satu forum pematusan sinergitas masyarakat dengan pemerintah Kota Bekasi dan menambah jumlah dalam rangka upaya pengendalian banjir” ujar Arief Maulana.

Plt" Wali Kota Bekasi memberikan closing statement pada Sapa Warga kali ini. "Pemeliharaan infrastruktur bangunan air harus dilakukan secara menerus secara berkala agar mampu meminimalisasi genangan air” ujar Tri Andhianto.
(Hnf/Ag/Mr)
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.