Tinjau Harga Pangan, Plt. Wali Kota Bekasi Dampingi Wamentan RI Blusukan Ke Pasar Baru

07 Maret 2022user
Tinjau Harga Pangan, Plt. Wali Kota Bekasi Dampingi Wamentan RI Blusukan Ke Pasar Baru
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Harvick Hasnul Qalbih meninjau harga pangan di Pasar Baru, Kota Bekasi, Senin (7/3/2022). 

Pada peninjauan tersebut, Harvick didampingi Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto serta sejumlah pihak termasuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kota Bekasi.

Harvick mengatakan "Harga komoditas pertanian, peternakan, hingga perkebunan kabarnya mengalami kenaikan harga. Oleh karena itu, Pemerintah terus berupaya menjaga kestabilan harga pangan di wilayah penyangga ibu kota dan memastikan ketersediaan pangan terpenuhi untuk masyarakat".

Harga pangan di Pasar Baru Kota Bekasi terpantau masih relatif stabil. Harvick pun menambahkan "bahwa kondisi harga pangan yang bersifat dinamis ini tidak membawa pengaruh yang cukup signifikan, sebab tingkat penjualan bahan pangan yang paling berpengaruh adalah kemauan dan kemampuan dari masyarakatnya". 

“Seperti yang masyarakat tahu ada gejolak harga untuk beberapa sektor komoditas terutama yang berkaitan dengan pertanian, peternakan dan perkebunan. Atas dasar itu Presiden menugaskan kita semua baik di tingkat Pemerintah Pusat maupun Daerah, Provinsi dan Kabupaten atau pun Kota berupaya untuk terus menjaga kestabilan harga sehingga kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi." Ungkapnya

Harvick juga mengaku telah mengunjungi beberapa pasar tradisional di Jabodetabek. Dalam kunjungannya, ia juga menyebutkan bahwa harga bahan pokok di pasar tradisional di Jabodetabek relatif stabil.

Salah satu komoditas pangan yang relatif stabil memiliki harga stabil sekitar Rp100.000-135.000 per kilogram. Harvick mengungkapkan "sejumlah pedagang berharap dapat mengambil berbagai tipe daging dengan harga di bawah Rp100.000".

“Namun kita juga akan memberi sanksi kepada mereka jika melanggar dengan menaikkan harga yang tidak sesuai,” jelas Harvick.

Khusus pada wilayah Kota Bekasi, Tri Adhianto memastikan stock kebutuhan pangan saat ini sampai pada bulan Suci Ramadhan akan terus tersedia walaupun ada kendala terkait harga pada bahan pangan.

“Saat ini terkait kebutuhan pangan masih cukup aman, meskipun memiliki kendalanya memang harganya sedikit naik tapi daya beli masih tetap bertahan dan terkendali, artinya ada suatu kepastian bahwa stock tetap tersedia dan Pemerintah Kota Bekasi akan terus memastikan dengan malakukan operasi pasar", ujar Tri

"Pekan lalu Kapolres Metro Bekasi Kota bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan telah memantau beberapa gudang minyak goreng dan gudang daging untuk memastikan ketersediaan pangan tersebut", imbuhnya

"Pemerintah berharap untuk masyarakat agar percaya dan berprasangka baik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat secara tuntas dan dipastikan saling menguntungkan pada pihak-pihak yang terlibat", pungkas Tri
(ARZ)
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.