Implementasi Sistem Monitoring Keamanan Informasi (Monika)

16 September 2021AdminPIP
Implementasi Sistem Monitoring Keamanan Informasi (Monika)

KOTA BEKASI - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi, Hudi Wijayanto melakukan sosialisasi dan implementasi sistem monitoring keamanan informasi di ruang rapat DPMPTSP Kota Bekasi. Rabu, (15/09/2021).

Hadir dalam implementasi ini Kepala DPMPTS Kota Bekasi, Camat Bekasi Utara, Operator Layanan Publik serta para admin pengelola medsos, silat dan  website Perangkat Daerah se-Kota Bekasi. 

Implementasi Sistem Monitoring Keamanan Informasi (Monika) merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan proyek perubahan Kadis Kominfostandi, Hudi Wijayanto dengan judul “Strategi Peningkatan Kesadaran Keamanan Informasi Pemerintah Kota Bekasi”.

Monika sendiri adalah kependekan dari sistem monitoring keamanan informasi yang merupakan salah satu output dari proyek perubahan pada pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II, di samping output lainnya yaitu kebijakan standar manajemen keamanan informasi. 

Pemaparan yang disampaikan langsung oleh Kadis Kominfostandi selaku Project Leader dari proyek perubahan, menyampaikan terkait pentingnya meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam sistem keamanan informasi kepada aparatur pengelola layanan publik di Kota Bekasi. 

Lebih lanjut, Hudi Wijayanto menyampaikan bahwa monitoring keamanan informasi adalah sebagai upaya pencegahan kebocoran informasi yang dapat merugikan kepentingan  institusi maupun individu, seperti kasus yang belakangan ini terjadi terkait kebocoran informasi data pribadi pejabat publik dari aplikasi P-Care.

|Di masa pandemi sekarang ini, kita harus mampu meningkatkan kemampuan dan kapasitas sebagai pengelola layanan publik berbasis digital termasuk dalam hal keamanan informasi guna mencegah kerugian yang muncul akibat kebocoran informasi.| Ungkapnya. 

Dukungan juga diberikan oleh Sekretaris Daerah Kota Bekasi selaku mentor dari proyek perubahan Kadis Kominfostandi, dan tanggapan positif dari Kepala DPMPTSP Kota Bekasi terhadap sistem Monika yang diimplementasikan kepada  Perangkat Daerah di Kota Bekasi. 

Lintong Dianto Putra, Kepala DPMPTSP Kota Bekasi menyampaikan apresiasinya terhadap sistem Monika. |Kami sangat bersyukur dengan adanya Monika ini karena sebelumnya belum ada sistem monitoring keamanan informasi dan benar seperti yang disampaikan oleh Kadis Kominfostandi bahwa kita bersentuhan langsung dengan masyarakat sebagai pengguna layanan publik oleh karena itu penting untuk kita menjaga keamanan informasi khususnya kepada para admin dan operator pelayanan publik.| Tuturnya. 

Di tempat yang berbeda, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati juga memberikan dukungannya terhadap proyek perubahan Kadis Kominfostandi Kota Bekasi. |Secara pribadi saya sangat mendukung proyek perubahan Kepala Dinas Kominfostandi Kota Bekasi yang berjudul strategi peningkatan kesadaran keamanan informasi pemerintah melalui aplikasi monitoring keamanan informasi atau di sebut monika.| Ungkapnya. 

Beliau juga menyampaikan harapannya terhadap sistem Monika agar dapat menjadi sarana untuk mengedukasi,  menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran para aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. |Dengan demikian maka di masa mendatang diharapkan tidak terjadi lagi insiden keamanan informasi atau dapat diminimalisir dengan optimal serta  dapat meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat selaku pengguna layanan publik berbasis digital di Kota Bekasi.| Tutupnya. 

Selanjutnya, dalam kegiatan sosialisasi dan implementasi ini dijelaskan secara teknis oleh programmer dari Diskominfostandi terkait juknis Monika dan implementasinya. Dengan sistem Monika diharapakan akan menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran keamanan informasi bagi aparatur Pemerintah Kota Bekasi dalam melakukan pelayanan publik berbasis digital secara optimal. (IF-PIP)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.