Diskominfostandi Dampingi Evaluasi dan Tinjauan Lapangan Smart City Kemenkominfo RI

10 Juni 2021AdminPIP
Diskominfostandi Dampingi Evaluasi dan Tinjauan Lapangan Smart City Kemenkominfo RI

 

KOTA BEKASI - Hari kedua pelaksanaan evaluasi dan tinjauan lapangan secara daring dilakukan pada beberapa titik lokasi di Kota Bekasi berdasarkan lima dimensi berbeda. Kamis, (10/06/2021). 

Lokasi pertama yang menjadi tinjauan program Smart City di Kota Bekasi adalah pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Tinjauan dan paparan yang dipandu oleh Kepala Bidang E Government dari Diskominfostandi Kota Bekasi, Andy Frengki berlangsung secara daring. 

Pada dimensi Smart Economy, Disnaker Kota Bekasi memiliki program penyerapan tenaga kerja melalui pelatihan, pemagangan dan penempatan. Program ini mampu menyerap tenaga kerja yang terampil dan siap kerja. 

Program Disnaker ini juga sudah terintegrasi dengan layanan terpadu pada Mall Pelayanan Publik dan Gerai Layanan Publik yang bisa diakses secara daring terkait kebutuhan dokumen ketenaga kerjaan. 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air dan Limbah Domestik (PALD) Sumur Batu dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Bekasi ditinjau pada dimensi Smart Environment. Program unggulan dari UPT PALD adalah pelayanan pengelolaan limbah melalui aplikasi L2T2 yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh warga seperti pembersihan limbah septictank rumah tangga. 

Dimensi Smart Society dilakukan peninjauan di SMP Negeri 2 Kota Bekasi. Kepala Bidang Pembinaan SMP dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Yopik Royilah memaparkan program Hybrid Blanded Learning (HBL). Program ini menjadi unggulan dari Disdik Kota Bekasi di tengah kejenuhan peserta didik dan guru dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

HBL merupakan inovasi di bidang pendidikan yang memadukan pengajaran secara daring dan tatap muka dengan materi pembelajaran yang seragam dan dapat diakses oleh orang tua, siswa dan guru secara bersama-sama dan menumbuhkan semangat baru di tengah tatanan hidup baru. 

Smart Living menjadi paparan yang disajikan oleh RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid. Penyediaan gedung syaraf dan paru terpadu serta layanan berbasis aplikasi SITARO dan SIBROJOL yang merupakan upaya peningkatan layanan kesehatan dari Pemerintah Kota Bekasi. 

DBMSDA menjadi titik tinjauan terakhir dalam evaluasi Smart City di Kota Bekasi. Smart Branding menjadi paparan yang disampaikan kepada tim dari Kemkominfo RI. Branding yang telah dilaksanakan oleh DBMSDA Kota Bekasi adalah penataan pedestrian di sepanjang Jalan Ahmad Yani yang dilengkapi dengan jalur khusus bagi orang yang berkebutuhan khusus. Pedestrian yang merubah wajah Kota Bekasi menjadi lebih estetik dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para pejalan kaki. Selain itu juga, DBMSDA membangun jembatan penyebrangan yang ikonik dengan dihiasi lampu yang menarik serta dibangun jalur khusus sepeda yang memungkinkan masyarakat untuk beraktifitas dengan mengendarai sepeda dengan aman. 

Dari hasil tinjauan lapangan secara daring ini akan dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan kepada pimpinan daerah untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada sistem dan program Smart City di Kota Bekasi. (IF-PIP)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.