Katadata Learning Centre selenggarakan Webinar Data Processing dan Visualization for Social Media

20 April 2021AdminPIP
Katadata Learning Centre selenggarakan Webinar Data Processing dan Visualization for Social Media

Data processing dan visualization for social media oleh Katadata Learning Center digelar secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (20/4/2021). 

Kegiatan webinar pelatihan yang di selenggarakan oleh Katadata Learning Center bersama APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) untuk seluruh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, Statistik se-Indonesia di laksanakan dari pukul 09:00 - 13:00 WIB. Hadir dalam pelatihan ini yaitu seluruh Diskominfostandi se-Indonesia. 

Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk lebih mengetahui, memahami serta meningkatkan dalam pemrosesan dan memvisualisasikan data untuk media sosial. Mengapa data? Karena data basis informasinya lebih kuat, dan informasi yang disuguhkan harus kredible. 

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) yaitu Selamat Gunawan NST, AP., S.Sos beserta tim media sosial Diskominfostandi turut serta dalam menghadiri undangan webinar pelatihan tersebut. 

Dalam pemaparannya Anshar Dwi Wibowo sebagai Research dalam Katadata menyampaikan konten infografis dalam tampilan sebuah visual yang menunjang unsur data, grafis, gambar dan tulisan tujuannya untuk memudahkan dan memahami suatu topik. Adapun tujuannya dari sebuah infografis yaitu memberikan informasi, menghibur, dan mengajak/mempersuasi. Ketertarikan di unsur visual dalam suatu media sosial yaitu sebanyak 80% lebih menyukai unsur visual, dan kebanyakan individu lebih cepat dalam memahami gambar dari pada sebuah tulisan.

Lambok E Hutabarat sebagai Art Director dalam Katadata mengatakan unsur visualisasi dalam sebuah infografis dan konten untuk memilih warna-warna dalam pembuatan suatu infografis sangatlah penting dan lebih menggambarkan kata kunci suatu visual. Kelompok warna-warna hangat lebih menggambarkan aksi, teriak, dan drastis seperti warna merah, orange, dan kuning. Dan warna-warna dingin di asosikan lebih ke suasana damai, tenang, dan sejuk yaitu warna biru, hijau dan ungu. Penggunaan warna juga dapat mengartikan suatu gambar atau visual. 

Kegiatan webinar pelatihan ini di akhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh dua mentor yang telah memaparkan materinya diawal kegiatan. (Fadida)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.