Koordinasi SDI Tingkat Prov. Jawa Barat

01 November 2019AdminSTANDI
Koordinasi SDI Tingkat Prov. Jawa Barat

Kota Bandung - Kepala Seksi Statistik Sektoral I, Nilawati, SE. dan Kepala Seksi Statistik Sektoral II, Rumsih Rohmawati, SH., M.Si. mengikuti Rapat Koordinasi Peningkatan Peran dan Fungsi Institusi Statistik Dalam Satu Data Indonesia, bertempat di Hotel Arya Duta, Jl. Sumatera No. 51 Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Selasa-Rabu (29-30/10/2019).

Kegiatan ini dipelopori Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Jawa Barat. Deputi MIS BPS RI, Moh. Ari Nugraha, M.Sc. membuka langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya dia memaparkan peran dan fungsi institusi statistik dalam satu data Indonesia.

Menurut Ari, institusi statistik sangat berperan dalam mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) dalam kerangka Satu Data Indonesia (SDI). Dia juga menjelaskan tahapan mewujudkan SSN yang Andal, Efektif, dan Efisien melalui SDI, karena kondisi data saat ini terjadi perbedaan data statistik antar instansi, data geospasial antar instansi, dan sulitnya mencari data Pemerintah.

Diakhir sambutannya Ari mengingatkan agar konsisten terhadap tata kelola data Pemerintah, dan menerapkan prinsip satu data yang telah ditetapkan untuk menghasilkan data yang berkualitas, meningkatkan kolaborasi aktif antar instansi, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti dan kegunaan statistik.

Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat. Turut hadir sebagai narasumber adalah Kepala BPS Prov. Jawa Barat Ir. Dody Herlando, M.Econ., Kepala Biro Organisasi Prov. Jawa Barat Dra. Nanin Hayani Adam, M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jawa Barat Setiaji, S.T., M.Si., Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah BAPPEDA Prov. Jawa Barat Yuke Mauliani Septina, M.Si., Kepala Bidang Statistik Diskominfo Prov. Jawa Barat Ida Ningrum, S.Si., M.Pd., Kepala Bidang IPDS BPS Prov. Jawa Barat Jaih Ibrohim, S.Si., Kepala Subdirektorat Pengembangan Basis Data Joko Parmiyanto, MEDC., Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Prov. Jawa Barat Ir. Gandari Adianti, M.Si., dan Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Prov. Jawa Barat Asep Riyadi, S.Si., MM.

Dalam pemaparannya, salah seorang narasumber menyampaikan bahwa prinsip satu data Indonesia, yaitu data yang dihasilkan memenuhi standar data, memiliki metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas dan menggunakan kode referensi/data induk. (MK)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.