Perbaikan dan penyambungan jalur FO putus ring Juanda

12 April 2019AdminTIK
Perbaikan dan penyambungan jalur FO putus ring Juanda

Kota Bekasi, Kamis 11 April 2019 Pelaksana Bidang TIK melakukan penangan perbaikan dan penyambungan Fiber Optic local loop ring juanda yang putus akibat tertimpa pohon tumbang, dengan adanya jalur FO yang putus berdampak terhadap akses internet untuk aplikasi layanan di Dinas-dinas yang berada di Kantor juanda mengalami down.

Penanganan dilakukan dengan menguji nilai redaman pada sambungan Indoor Optical Outlet (roset), kemudian jika nilai redaman tidak terdeteksi karena terlalu kecil menandakan bahwa kabel putus, dilanjutkan dengan pemasangan OTDR untuk mengetahui jarak titik kabel putus. Selesai pengujian dilanjutkan dengan penyambungan kabel yang putus dan diakhiri dengan pengujian kembali nilai redaman menggunakan OPM hingga didapatkan nilai redaman -18,52 dBm yang berada dalam kisaran nilai redaman yang aman.

Fiber optik adalah salah satu transmiter yang memiliki sedikit sekali kendala, itu dapat dibuktikan dengan sangat pesatnya perkembangan penggunaan fiber optik di dalam bidang telekomunikasi. Kabel fiber optik dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu single mode step index, multi mode step index dan multi mode gradde index, dimana pada umum nya tipe multi mode biasanya dipakai untuk jarak yang dekat, sementara single mode untuk jarang yang cukup jauh.  Fiber optik sendiri sangan besar sekali kapasitas untuk transper datanya. Fiber optik sangat cocok sekali dengan keadaan geografis di indonesia khususnya di jawa, karena daerahnya tidak terlalu banyak yang curam.

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.