Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi

08 September 2021admin
Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Keamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi
KOTA BEKASI - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi melakukan Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi secara virtual kepada admin pengelola website dan media sosial pada Perangkat Daerah se-Kota Bekasi. Senin, (06/09/2021). 

Dalam pengelolaan sistem manajemen keamanan informasi terdapat tiga aspek penting, yaitu infrastruktur jaringan komputer, perangkat lunak dan sumber daya manusia. 

Peningkatan kesadaran keamanan informasi kepada admin website dan media sosial menjadi hal penting sekaligus menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan informasi pada setiap Perangkat Daerah. 

Kepala Dinas Kominfostandi Kota Bekasi, Hudi Wijayanto menyampaikan langsung materi sosialisasi keamanan informasi kepada 44 admin Perangkat Daerah yang dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.00 - 12.00 WIB yang diikuti oleh 22 Perangkat Daerah, sedangkan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 13.30 - 15.30 WIB sebanyak 22 Perangkat Daerah. 

Kepala Dinas Kominfostandi juga menegaskan pentingnya kegiatan sosialisasi ini bagi para admin Perangkat Daerah. |Tujuan utama dari sosialisasi keamanan informasi ini adalah meminimalisir risiko insiden dalam pengelolaan website dan media sosial Perangkat Daerah yang dapat merugikan nama institusi karena harus dijaga aspek kerahasian, integritas serta ketersediaan informasi.| Ungkapnya. 

Dalam paparannya, disampaikan bahwa kesadaran menjaga keamanan informasi adalah bagian dari upaya menjaga aset, karena informasi adalah aset. Dalam sebuah organisasi perlu memperhatikan keamanan aset informasinya, kebocoran informasi dan kegagalan sistem dapat mengakibatkan kerugian finansial maupun produktifitas organisasi. 

Implementasi keamanan informasi pada Perangkat Daerah dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya, backup data, menggunakan strong password, membuat kebijakan, gunakan perangkat terpisah, gunakan koneksi jaringan yang aman, tidak memberikan kewenangan tanpa surat perintah, berhati-hati dalam mengakses tautan dan menggunakan trusted software. 

Untuk lebih memperkuat dan memastikan implementasi dan standar keamanan informasi berjalan dengan baik dan berkelanjutan pada setiap Perangkat Daerah, Diskominfostandi Kota Bekasi akan membentuk tim monitoring keamanan informasi. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran informasi di lingkup Pemerintah Kota Bekasi, memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna layanan publik berbasis digital serta meminimalisir terjadinya insiden berkaitan dengan keamanan informasi. 

Diakhir paparannya, Kadis Kominfostandi juga membuka keran informasi dan koordinasi kepada para admin website dan media sosial Perangkat Daerah apabila menemui kendala teknis dalam pengelolaan keamanan informasi untuk segera ditindaklanjuti oleh Diskominfostandi. (IF-PIP).
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.