KOTA BEKASI - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi mengadakan rapat secara virtual terkait sinergitas program yang ada pada Diskominfostandi dengan Perangkat Daerah se-Kota Bekasi. Koordinasi ini dilakukan sebagai upaya pengintegrasian pelayanan berbasis digital yang terus dikembangkan untuk mendukung Smart City Kota Bekasi. Selasa, (14/07/2020)

Dr. H. Encu Hermana Radhman, MM, Kadis Kominfostandi membuka acara rapat koordinasi ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan rapat koordinasi dengan Perangkat Daerah sebagai sinergitas program yang telah dilaksanakan dan akan terus dikembangkan di Diskominfostandi untuk mewujudkan visi Kota Bekasi. Terimakasih atas atensinya dalam rapat kali ini dan mari bersama-sama kita wujudkan visi Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan ihsan, salah satunya adalah dengan digitalisasi yang harus terus kita kembangkan dan pada akhirnya akan bermuara kepada implementasi Smart City Kota Bekasi, dan rapat kordinasi ini menjadi media yang tepat untuk mewujudkan semua itu.

Rapat yang dibagi menjadi tiga termin dipandu oleh moderator sekaligus Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP), Marlina Lucianawati, S.T., M.SC., M.S.E. Termin pertama adalah pemaparan materi oleh narasumber, termin kedua tanya jawab, dan terakhir tanggapan dari pertanyaan yang disampaikan oleh peserta rapat. Secara umum Kabid PIP menyampaikan bahwa rapat ini adalah pemaparan program dan layanan pada Diskominfostandi yang perlu diketahui oleh perangkat daerah untuk saling bersinergi.

Bertindak sebagai pemateri yang pertama adalah Kepala Bidang E-Government, Andy Frengky, S.STP., M.Si. Dalam paparannya beliau menyampaikan program yang telah dikerjakan oleh Bidang E-Government dan optimalisasi program serta aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Bekasi maupun perangkat daerah. Bidang E-Government juga menyampaikan monev aplikasi dan email perangkat daerah. Dari data tersebut disajikan jumlah aplikasi, kendala yang sering dihadapi dalam pengembangan aplikasi, serta monitoring yang akan dilakukan sebagai upaya mengintegrasikan segala bentuk pelayanan yang berbasis digital untuk optimalisasi dalam pemanfaatannya.

Kepala Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), Erwin, ATD., MT menjadi narasumber kedua. Beliau memaparkan program terkait jaringan yang telah dibangun oleh Diskominfostandi dan peranan TIK dalam supporting pemerintahan dan pelayanan publik. Melanjutkan pemateri sebelumnya, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dra. Hj. Ety Sumartini, M.A.P menyampaikan programnya terkait satu data dan sertifikat elektronik .

Terkait publikasi serta pengaduan masyarakat, Kepala Bidang PIP juga memaparkan programnya berkaitan dengan hal tersebut. Kabid PIP mengatakan Diskominfostandi siap membantu perangkat daerah untuk membuat konten publikasi baik berupa infografis maupun video. Bidang PIP juga akan terus meningkatkan kemampuan SDM melalui pelatihan teknis yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi atau universitas. Adapun untuk laporan masyarakat melalui kanal SP4N LAPOR juga disampaikan data statistiknya sebagai bahan evaluasi kepada admin perangkat daerah untuk responsif dalam menindaklanjuti laporan masyarakat.

Rapat koordinasi bertema sinergitas komunikasi, informasi, statistik dan persandian ini mendapat respon yang sangat positif dari Perangkat Daerah. Perangkat Daerah juga menyampaikan keinginan mereka untuk bersinergi dan mengembangkan aplikasi melalui Diskominfostandi untuk mendukung layanan, publikasi dan kinerja pada perangkat daerah masing-masing. (IF-PIP)<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/share/clipdata_200714_203240_579.sdoc-->