KOTA BEKASI - Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di era new normal, Pemerintah Kota Bekasi kembali membuka kegiatan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) yang sempat ditutup selama masa pandemi Covid-19. Minggu, (05/07/2020)

Setelah melalui proses koordinasi dan diskusi dengan dinas terkait dan unsur TNI-Polri, Pemerintah Kota Bekasi memutuskan untuk kembali membuka CFD dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan diawasi dengan ketat oleh petugas.

Diawali dengan apel gabungan persiapan pembukaan CFD yang dihadiri oleh petugas dari unsur aparatur Pemerintah Kota Bekasi, serta anggota TNI Polri yang digelar di Plaza Kantor Pemerintah Kota Bekasi pada pukul 05.00 WIB. Dalam apel tersebut dibagikan beberapa lokasi check point untuk mengawasi para pengunjung CFD agar mematuhi protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan diarea CFD Kota Bekasi.

Ada yang menarik dari pembukaan CFD kali ini. Selain belum diizinkannya pedagang kuliner dan kaki lima yang berjualan di area CFD, untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, sejumlah petugas kepolisian memakai media yang menarik untuk menyapaikan pesan AKB kepada masyarakat. Diantaranya dengan menggunakan topeng badut dengan mengendarai sepeda agar menarik perhatian dan menuliskan pesan untuk tetap memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak aman dalam beraktifitas di area CFD.

Diskominfostandi juga melakukan sosialisasi dalam kegiatan tersebut melalui infografis yang dibagikan melalui media sosial sebagai salah satu sumber informasi kepada masyarakat. Dalam CFD kali ini, Pemerintah Kota Bekasi juga membagikan questioner sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan Car Free Day adaptasi kebiasaan baru.

Diharapkan kedepan penyelenggaraan CFD akan berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif serta tetap menjaga kesehatan dan kebersihan baik individu maupun lingkungan. (IF-PIP)