Masyarakat Terkoneksi “Sapa Warga” Dalam Penanganan dan Pengelolaan Sampah Kota Bekasi

07 Desember 2022user
Masyarakat Terkoneksi “Sapa Warga” Dalam Penanganan dan Pengelolaan Sampah Kota Bekasi
Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi menggelar Sapa Warga yang bertemakan Penanganan dan Pengelolaan Sampah Kota Bekasi. Kegiatan ini berlangsung secara sinkronik via Zoom Meeting dan streaming live Youtube di channel Pemerintah Kota Bekasi. Rabu, (07/12/2022).


Sapa Warga kali ini dihadiri Yudianto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kiswatiningsih selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup serta moderator Dewi Astiyanti selaku Kepala Bidang Pengurangan Sampah dan Pengelolaan Limbah dan tentunya juga dihadiri oleh Tri Adhianto selaku Plt. Wali Kota Bekasi.

Gambaran umum Kota Bekasi seluas kurang lebih 210,49 km² terdiri dari 12 Kecamatan, 56 Kelurahan dengan jumlah penduduk 2,56 Juta jiwa dimana persoalan persampahan menjadi isu nasional bahkan internasional sebagaimana pertumbuhan penduduk akan membawa dampak terkait persoalan persampahan yang ada di kota-kota besar khususnya Kota Bekasi. 

Timbunan sampah di Kota Bekasi mencapai 625.651 ribu ton per tahun kemudian sampah yang tertangani 349.896 ton. Disini ada ketimpangan terkait dengan persoalan sampah yang belum ditangani oleh Pemerintah Kota Bekasi. 

Berdasarkan Peraturan Wali Kota No.38 Tahun 2021 tentang tugas, kedudukan, fungsi serta tata kerja dari Dinas Lingkungan Hidup. Dinas Lingkungan Hidup memiliki tugas membantu Wali Kota Bekasi dalam memimpin, mengendalikan, mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan fungsi, kemudian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan dinas. 

“Penanganan persoalan persampahan di Kota Bekasi, kita memiliki beberapa UPTD yang ada di 12 Kecamatan, UPTD Protokol, UPTD Jalur Kontainer kemudian kita memiliki TPA Sumur Batu" Ujar Yudianto. 

Lanjut ujar Kadis Lingkungan Hidup "Upaya mendukung penanganan persoalan persampahan kita ada dukungan melalui UPTD Perbengkelan kemudian kita di wilayah memiliki TPS3R dan Bank Sampah"

"Kami sangat mengapresiasi atas partisipasi warga secara aktif walaupun bank sampahnya memang belum besar seperti yang lain. Namun bagi kami sekecil apapun upaya kita bersama sama untuk kelestarian bersama, kemudian untuk tahap awal tidak perlu besar" Ujar Sekdis Dinas Lingkungan Hidup

Lanjut Kiswatiningsih, "Kami memiliki program akan memasang jaring-jaring sampah sehingga warga yang membuang sampah di kali dapat kita kumpulkan dalam satu titik kemudian bisa kita angkat dan ditangani dan dibawa ke TPA." Warga juga dapat berpartisipasi dalam penanganan jika ada sampah dikali, Dinas Lingkungan Hidup memiliki URC supaya penanganan nya dapat cepat dan tepat. 

Selain URC, Dinas Lingkungan Hidup juga memiliki tim katak. Jika warga Kota Bekasi ingin menyampaikan terkait penanganan sampah sebagai upaya bersama akan pentingnya menjaga lingkungan dengan memberikan informasi agar lebih cepat dalam  penanganannya.

Wali Kota Bekasi menyampaikan closing statement pada Sapa Warga kali ini. "Harus kita bangkitkan kesadaran, bahwa sampah ini harus kita kelola secara baik, cerdas supaya kita tidak meninggalkan sesuatu yang menjadi bom waktu untuk anak cucu kita" Ujar Tri Adhianto

Lanjut PLT Walikota Bekasi "Saya minta Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan percepatan, melakukan inovasi"

RY
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl. Lap. Bekasi Tengah No. 2 Margahayu Bekasi Timur - 17113
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.

Popup Image