AKUN TWITTER PEMKOT BEKASI BERHASIL DIPULIHKAN

25 Maret 2022user
AKUN TWITTER PEMKOT BEKASI BERHASIL DIPULIHKAN
KOTA BEKASI – Setelah terjadi insiden keamanan informasi berupa dugaan pengambilalihan akun twitter Pemerintah Kota Bekasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dan terdeteksi berlokasi di Klapedia, Lithuania (sebelumnya diinformasikan Rusia, Red), akhirnya akun twitter @pemkotbekasi berhasil dipulihkan kembali pada Kamis, 24 Maret 2022 sekira pukul 17.30 WIB.

Kondisi ini diketahui admin twitter @pemkotbekasi setelah mendapatkan notifikasi pada email resmi yang tertaut pada akun tersebut. Berlandaskan informasi ini, admin segera melakukan langkah-langkah penanganan standar keamanan informasi yang dipahami, yaitu mengganti password akun dan email tertaut. Langkah selanjutnya yang dilakukan admin berupa melaporkan kondisi dan tindakan yang telah dilakukan kepada pimpinan dan jajaran terkait.

Kepala Diskominfostandi, Hudi Wijayanto memberikan statement langsung begitu menerima laporan dari Admin Medsos. “Saya apresiasi segala rangkaian tindakan yang telah dilakukan oleh Admin Medsos dan jajaran terkait handling insiden keamanan informasi ini,” ujarnya.

“Saya instruksikan kepada Admin Medsos untuk melengkapi laporan kronologis kejadian dari awal sampai kembali pulihnya akun @pemkotbekasi ini sebagai evaluasi dan laporan kepada pimpinan. Saya tegaskan agar hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa mendatang, peran Bidang TIK pada Seksi Keamanan Informasi sangat dibutuhkan dan lebih ditingkatkan lagi ”, tambahnya.

Sementara itu Bidang TIK melalui Seksi Keamanan Informasi juga melakukan tindakan yang menjadi kewenangannya berupa membuat analisa detil kejadian ini dan melaporkan kondisi terkini langsung kepada BSSN melalui bantuan70@bssn.go.id dan csirt.jabarprov.go.id. Hal ini merupakan bentuk evaluasi internal mengapa insiden ini sampai bisa terjadi pada akun resmi Pemerintah Kota Bekasi yang sudah centang biru, meskipun dalam hal pemilihan password sudah memenuhi standar keamanan informasi.
 
Apalagi dalam analisa lanjutan, ditemukan bahwa insiden ini juga menimpa beberapa akun centang biru personal, seperti @sanfrecce_0728, @MakaylaPhillips, dan @ChloeJadec.

Diharapkan dari insiden peretasan akun twitter Pemkot Bekasi ini, tidak akan terjadi lagi hal serupa kepada akun resmi Pemerintah Daerah maupun akun personal lainnya. Dengan memperhatikan ketentuan standar keamanan informasi meliputi: 

Melakukan penggantian password secara berkala (minimal tiap 3 bulan)
Menjaga kerahasiaan akses (tidak membagi kepada orang lain) dan tidak menuliskan dalam bentuk catatan
Logout akun apabila tidak sedang digunakan
Waspada dan teliti terlebih dahulu sebelum mengklik tautan (tidak dikenal) yang diterima untuk menghindari phising.

Subkoordinator Pranata Komputer Seksi Keamanan Informasi memberikan tanggapannya terkait pentingnya kesadaran kemanan informasi. “Perlu ditingkatkan kewaspadaan terkait pentingnya Security Awareness (kesadaran keamanan informasi) untuk menghindari penyalahgunaan akun media sosial oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.” Ungkapnya.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.