Dialog Interaktif Keterbukaan Informasi Publik di Kota Bekasi

25 Maret 2021AdminPIP
Dialog Interaktif Keterbukaan Informasi Publik di Kota Bekasi

 

KOTA BEKASI - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian bersama dengan Humas Setda Kota Bekasi hadir sebagai narasumber dalam Dialog Interaktif Keterbukaan Informasi Publik di Rida Cafe, Cikunir Bekasi Barat Kota Bekasi. Rabu, (24/03/2021). 

Dialog interaktif yang diselenggarakan oleh Media Telusur News dan Bhayangkara Jaya News ini mengupas tema keterbukaan informasi publik yang ada di Kota Bekasi di era digitalisasi. 

Keterbukaan Informasi Publik menjadi sebuah kebutuhan mendasar yang dibutuhkan oleh masyarakat di era digitalisasi seperti sekarang ini. Dibutuhkan respon cepat dan penyelesaian konkret dari badan publik seperti penyelenggara Pemerintah baik daerah maupun pusat. 

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfostandi Kota Bekasi, Selamat Gunawan menjadi salah satu narasumber dalam diskusi keterbukaan informasi publik ini. Selamat Gunawan menyampaikan tugas pokok Diskominfostandi terkait keterbukaan informasi publik di Kota Bekasi. 

Dalam paparannya, Selamat Gunawan menyebutkan saluran pengaduan dan kanal publikasi yang dikelola oleh Diskominfostandi Kota Bekasi sebagai layanan keterbukaan publik. Call Center 1500444 dan LAPOR SP4N sebagai layanan pengaduan publik, serta kanal media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan website Diskominfostandi dan Pemerintah Kota Bekasi sebagai media publikasi informasi. 

Masyarakat Kota Bekasi dapat menyampaikan pengaduan terkait kebijakan dan pelayanan dari Pemerintah Kota Bekasi melalui kanal pengaduan yang tersedia, baik melalui Call Center 1500444 maupun LAPOR SP4N. Setiap pengaduan yang masuk pada kanal tersebut, akan segera ditindak lanjuti. 

Kecepatan dalam merespon pengaduan menjadi kunci dalam memberikan  pelayanan pengaduan secara prima. |Pemerintah Kota Bekasi mempunyai tim Unit Reaksi Cepat (URC) pada Perangkat Daerah untuk merespon cepat segala pengaduan yang masuk melalui kanal-kanal pengaduan yang telah ada.| Ungkap Slagun, sapaan akrab Kabid PIP. 

Lebih lanjut lagi beliau juga menjelaskan alur pengaduan yang bisa dilakukan oleh masyarakat serta alur tindak lanjut laporan hingga sampai pada realisasi atau penanganan pengaduan sampai dengan selesai di tingkat Perangkat Daerah. Sehingga dengan sistem pengaduan yang telah dibangun diharapkan akan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan informasi publik yang ada di Kota Bekasi. 

Kabag Humas Setda Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah juga menambahkan terkait PPID Utama dan PPID Pembantu sebagai corong informasi publik yang juga bisa melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap keterbukaan informasi pada lembaga publik khususnya Pemerintah Kota Bekasi. 

Selain dari Diskominfostandi dan Humas Setda Kota Bekasi, hadir pula sebagai narasumber praktisi hukum yaitu Vifa Panggabean serta pengamat kebijakan publik sekaligus wartawan senior, Didit. 

|Partisipatif, informatif dan transparansi adalah kriteria yang harus ada di era keterbukaan informasi publik.| Ungkap Didit. Wartawan senior ini juga menyampaikan bahwa capaian dan keberhasilan Pemerintah Kota Bekasi di bidang PPID tingkat Jawa Barat menunjukkan telah adanya partisipasi aktif dari masyarakat dan keterbukaan informasi oleh Pemerintah Kota Bekasi sudah berjalan dengan baik. 

Namun demikian, tetap harus ada perbaikan dan peningkatan dari layanan informasi yang sudah berjalan baik ini. Agar kedepan Kota Bekasi bisa menjadi kota metropolitan yang maju dengan landasan keterbukaan informasi publik yang partisipatif, informatif dan transparan. (IF-PIP)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.