Pertemuan Gerakan Kolaborasi Pembangunan Terintegrasi Air Minum dan Sanitasi di Kota Bekasi

16 Maret 2021AdminPIP
Pertemuan Gerakan Kolaborasi Pembangunan Terintegrasi Air Minum dan Sanitasi di Kota Bekasi

 

Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi bekerjasama dengan USAID menggelar kegiatan bertajuk Pangsi Patriot Bekasi di ruang Media Center Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Selasa, (16/3/2021). 

Pangsi Patriot Bekasi adalah pertemuan gerakan kolaborasi pembangunan terintegrasi air minum dan sanitasi oleh masyarakat di Kota Bekasi. Acara pertemuan gerakan kolaborasi ini diselenggarakan secara daring dan luring.

Hadir dalam acara ini Sekda Kota Bekasi Dr. Hj. Reny Hendrawati, MM., Direktur USAID IUWASH PLUS Mr. Bill, perwakilan Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota Bekasi diantaranya dari Dinas Kesehatan, Diskominfostandi, Dinas Tata Ruang, Kelurahan Margahayu, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur serta Bank Syariah Patriot.

Pangsi Patriot Bekasi adalah pertemuan multipihak yang merupakan titik temu upaya ditingkat masyarakat dan institusi untuk berkolaborasi mengintegrasikan upaya mempercepat peningkatan akses air minum, sanitasi dan perilaku higienis. 
Dalam hal ini, USAID IUWASH PLUS memfasilitasi kegiatan monitoring dan evaluasi partisipatif di Kelurahan Margahayu dan Kelurahan Bekasi Jaya.

Kegiatan USAID IUWASH PLUS bertujuan untuk meningkatkan layanan di sektor Air Minum, Sanitasi, dan Perilaku Higiene di tingkat rumah tangga nantinya akan mengatasi hambatan yang menghalangi peningkatan akses rumah tangga ke penggunaan layanan air minum, sanitasi, dan perilaku higiene (WASH). 

Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak akhir tahun 2018, dan telah dirancang selama 4 siklus. Dalam setiap siklusnya diakhiri dengan adanya pertemuan multipihak atau stakeholder meeting seperti yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2021. 

Dari kegiatan monev ini, adapun partisipatif yang telah terdata sebanyak 2196 KK tersebar di 25 RT 9 RW di Kelurahan Margahayu dan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur.  Dari 2196 KK terdapat 509 KK yang masih katagori buang air besar sembarangan. Sebanyak 915 KK sudah memiliki fasilitas sanitasi tetapi belum layak dan 22 KK masih menumpang pada rumah tangga lain. 

Ibu Sekda dalam sambutannya menyampaikan bahwa apapun yang berkaitan dengan air bersih, sanitasi, dan juga berkaitan dengan perilaku warga itu semua harus tetap berjalan dan dievaluasi secara berkala, bukan berarti berakhirnya kolaborasi pembangunan ini berakhir pula kegiatan ataupun program yang telah dilaksanakan selama ini. 

Acara yang berlangsung dari pukul 08:30 sampai dengan pukul 12:00 telah terselenggara secara baik. Mr. Bill selaku Direktur dari USAID IUWASH PLUS berpesan bahwa pihaknya berharap untuk dapat terus berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bekasi dan masyarakat di bidang akses air bersih, sanitasi maupun bidang lainnya.

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.