Tangkal Berita Hoax Pemprov Jabar Sosialisasi Jabar Saber Hoax di Kota Bekasi

05 September 2019AdminPIP
Tangkal Berita Hoax Pemprov Jabar Sosialisasi Jabar Saber Hoax di Kota Bekasi

Bekasi, Diskominfostadi Kota Bekasi bersama dengan Diskominfo Provinsi  Jawa Barat melakukan kegiatan  Sosialisasi Jabar Saber Hoax di Balai Patriot Kota Bekasi, Kamis (05/09/2019). Tema yang di angkat dalam kegiatan hari ini adalah Mengoptimalkan Cerdas Literasi Digital Sebagai Upaya Menuju Indonesia Maju Dan Bebas Hoax

 

Dihadiri oleh PPID OPD Kota Bekasi, komunitas, dan awak media, kegiatan Sosialisasi Saber Hoax dibuka oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. 

 

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dalam sambutannya  sangat mengapresiasi  acara ini yang merupakan suatu cara untuk menangkal perkembangan isu hoax yang semakin marak, dimana di kenal “Kalau Dulu Mulutmu Harimaumu, Kini Telunjukmu Adalah Harimaumu” ungkapnya.

 

Sebelumnya Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Prov Jabar  Dedi Dharmawan dalam sambutannya mengatakan bahwa informasi merupakan kebutuhan dasar manusia, dimana 5 menit sebelum tidur dan setelah tidur rata-rata akan membuka berita/informasi melalui gadgetnya.

“Kegiatan Jabar Saber Hoax ini akan berlangsung hingga tahun 2020 ke berbagai daerah di wilayah kota dan kabupaten di Jawa Barat” tambahnya. 

Dalam kegiatan ini menghadirkan empat narsumber yaitu Reny Hendrawati selaku Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat  Bapak Budi Yoga Permana, Penggiat Masyarakat Peduli Literasi Digital (Malidi) Nadia Devita dan Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi yang dalam hal ini di wakili  oleh Sekretaris Diskominfostandi  Asep Kadarisman serta di moderatori  Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Diskominfostandi Kota Bekasi Teti Handayani.

Sekretaris Daerah  Kota Bekasi, Reny Hendrawati dalam paparannya mengajak semua komponen masyarakat agar dalam berinternet positif yaitu selalu mengecek dan mengecek lagi apabila ada berita yang berpotensi mengandung SARA. Internet merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendasar untuk saat ini, dimana semua profesi pekerjaan membutuhkan internet untuk menunjang pekerjaannya.

 

“Generasi Milenial adalah Generasi yang rawan  dalam menerima informasi yang tidak tersaring dengan baik, oleh karena itu perlu adanya pemahaman tentang informasi / berita yang diterimanya”, ujarnya 

 

 

Sementara  itu penggiat Masyarakat Peduli Literasi Digital (Malidi) Nadia Devita, mengemukakan pentingnya literasi digital dalam upaya menangkal penyebaran hoax yang sangat marak dan berpotensi memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Wakil Komisi Informasi Jabar, Budi Yoga Permana menekankan bahwa pemerintah perlu melakukan keterbukaan informasi yang sejelas-jelasnya sehingga masyarakat dapat mengetahui seluruh kegiatan dan informasi yang ada di pemerintahan dan tentunya harus disesuaikan dengan  peraturan undang-undang yang berlaku.

Dimana jenis informasi yang disampaikan terdiri dari  Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta dan Informasi yang wajib tersedia setiap saat dan Informasi yang dikecualikan.

Di akhir sesi, Sekretaris Diskominfostandi Kota Bekasi dalam penjelannya mengingatkan kembali akan pentinganya informasi yang diterima tersebut tidak harus disebarluaskan jika belum tahu tentang kebenaran isi dari informasi tersebut, dan mengajak kembali semua masyarakat untuk selalu memanfaatkan media sosial kearah yang positif.(Maspen)

DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
SOSMEDLink Sosial Media
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.
DISKOMINFOSTANDIAlamat
Jl A. Yani No.2 Komplek GOR Bekasi Selatan, Kota Bekasi - 17144
Sosmed Link Media Sosial
Silahkan kunjungi alamat akun sosial media kami dibawah ini.

All rights reserved.

Copyright by DISKOMINFOSTANDI KOTA BEKASI. All rights reserved.