Kota Bekasi - Selasa(10/09) Pejabat Fungsional Dan Staf Pelaksana Bidang TIK Diskominfo Kota Bekasi mengikuti kegiatan Training penetration testing Diskominfo se-Jawa Barat tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Resinda Karawang Jawa Barat. Kegiatan training dilakukan selama 3 hari (Selasa s/d Kamis, 10 s/d 12 September 2019). Training penetration testing merupakan salah satu cara yang efektif untuk pembaharuan dalam keamanan teknologi informasi dalam suatu Institusi Pemerintahan. Implementasi keamanan dalam teknologi informasi tidak dilaksanakan sekali tetapi harus secara berkala dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan jaman.

Penggunaan teknologi informasi pada pertumbuhan bisnis jaman ini harus dijaga dan didukung oleh Information Security Policy. Ancaman keamanan informasi sangat nyata mulai dari kerusakan yang yang sederhana oleh virus/Trojan sampai penggunaan data informasi yang dapat diakses orang yang tidak berkepentingan dengan data tersebut. Dalam sistem pemerintahan yang memang saat ini semua dilandasi oleh teknologi informasi yang dapat diakses mudah dan real-time tidak dapat dipungkiri membuka celah untuk penyalahgunaan data. Hal ini dapat berdampak bukan hanya financial tetapi juga non- financial. Seperti recovery data yang menggunakan waktu tidak sedikit, dan yang jauh lebih parah adalah kurangnya kepercayaan consumer yang mengakibatkan loyalitas terhadap pemerintahan kita akan menurun.

Informasi apapun akan didapat jika penanganan security akan sebuah data itu buruk. Umumnya celah security ini tidak tampak begitu saja sebelum tindakan penetration terjadi. Salah satu tindakan yang tepat dalam mengamankan website adalah meminimalkan celah security. Penetration testing adalah solusi yang tepat dalam mengenali celah security yang ada. Berbagai celah security yang terungkap dapat sesegera mungkin diatasi sebagai upaya mengamankan sejumlah informasi.

Tujuan dari program training penetration testing yang diselenggarakan olek Diskominfo se-Jawa Barat agar pegawai mengetahui kelemahan atau kerentanan system informasi yang terjadi di pemerintahan dengan membedah studi kasus pada materi dalam training ini dan dapat lebih waspada untuk menjaga keamanaan informasi dikarenakan serta pegawai dapat melakukan proteksi dini sebelum ancaman pada keamanan itu terjadi.

Manfaat dari program penetration testing yaitu :
- Menambah wawasan mengenai ancaman keamanan informasi mulai dari yang sederhana sampai yang berbahaya yang mungkin bisa digolongkan sebagai cyber terrorisme dan bagaimana cara mencegahnya.
- Dapat mengelola kerentanan.
- Dapat memenuhi standar keamanan.
- Dapat melakukan test apakah keamanan informasi pada system pemerintahan sudah efektif atau belum