Kota Bekasi - Kamis (11/07) Tenaga Ahli Seksi Infrastruktur Layanan Data Center dan tekhnisi Wika melakukan pengecekan genset data center dimana mesin genset tidak bisa distarter. Setelah dilakukan pengecekan secara keseluruhan terhadap wiring kontrol mesin terindikasi bahwa genset data center tidak bisa distarter diakibatkan aki genset drop atau tekor, aki genset yang tekor juga salah satu penyebabnya.

Tekor ialah kondisi di mana ‘isi’ aki tidak cukup kuat untuk menggerakan mesin ketika pertama dinyalakan. Akibatnya, putaran mesin kurang tinggi, dan kompresi bahan bakar pun tidak sempurna sehingga mesin gagal menyala. Pada mesin yang menggunakan busi, Kurangnya daya membuat busi tidak bekerja optimal sehingga tidak terjadi pembakaran di ruang bakar.

Bagaimana cara merawat agar aki tidak tekor?
1. Selalu mengecek permukaan air elektrolit aki pada level yang cukup. Jika air elektrolit mendekati level low, maka waktunya penambahan air elektrolit.
2. Jaga kebersihan terminal aki. Jika ditemukan ada kerak, maka segeralah bersihkan menggunakan air panas.
3. Jika menemukan baut penghubung antara terminal dan skun kabel kendor, segeralah dikencangkan. Baut yang kendor, adalah salah satu pemicu timbulnya kerak.
4. Rutin memanasi genset, minim seminggu sekali. Hal tersebut ditujukan agar aki terisi oleh alternator. Atau, mintalah perangkat automatic charger untuk selalu menjaga aki selalu terisi oleh listrik PLN saat genset tidak digunakan.
5. Jika memang aki sudah perlu diganti, segera ganti dengan yang baru. Karena, disetiap penggunaan dapat menyebabkan usia aki menurun. Normalnya usia aki bisa mencapai sedikitnya 1 tahun. Jika dirawat dengan baik, maka bisa hingga usia 2 – 3 tahun.