Kota Bekasi, Senin 13 Mei 2019 Tenaga Ahli Data Center dan pelaksana Bidang TIK Seksi infrastruktur Layanan Data Center melakukan pengecekan berkala terhadap genset data center yang berfungsi untuk membackup sumber tegangan apabila aliran listrik dari PLN mengalami shut down.

Ada Beberpa jenis perawatan yang dilakukan untuk menjaga performa genset, jenis perawatan tersebut ada yang dilakukan tiap hari, mingguan, bulanan dan bahkan tahunan. Perawatan genset tersebut meliputi pemeriksaan umum genset, pemanasan genset(warming up), pemeliharaan pada aki, pemeliharaan bahan bakar, pemeliharaan sistem pendingin dan juga pemeliharaan pada sistem pelumasan. Perawatan serta pemeliharaan genset tersebut harus terjadwal dengan baik agar dapat dilaksankan dengan teratur.

Seperti halnya menjga kebersihan genset untuk meminimalisir gangguan yang dapat terjadi pada genset, bersihkan genset dari segala jenis kotoran seperti debu dan lainya. Jauhkan juga genset oleh benda asing lainya yang dapat mengganggu operasional. Perawatan dan pemeliharaan genset ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja genset tersebut. Selain itu dengan mengikuti prosedur perawatan yang dianjurkan pada buku panduan produsen, maka sistem genset dapat bekerja dengan baik.