KOTA BEKASI – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi melakukan peliputan dan publikasi kegiatan Penganugerahan Bekasi Innovation Week 2020 diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Bekasi di Hotel Santika Mega Bekasi. Kamis, (26/11/2020).

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto dan dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah Kota Bekasi, dan sejumlah tamu undangan serta tim Juri yang terdiri dari akademisi dari Universitas Islam 45 (Unisma) Ir. Haris Budiono, M.T., dari Kementerian dalam Negeri, Adi Suhendra, M.Sosio., Dewi Gartika, S.Si., M.Si dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat., serta Ir. Atang Sulaeman, M.Si dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Acara penganugerahan yang diberikan atas produk inovasi dari Perangkat Daerah se-Kota Bekasi ini menjadi motivasi di tengah kondisi pandemi. Wakil Wali Kota Bekasi dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap penganugerahan inovasi di Kota Bekasi.

“Dalam kondisi pandemi sekarang ini, tidak mengurangi semangat Perangkat Daerah yang ada di Kota Bekasi untuk selalu berkreasi dan berinovasi, baik inovasi dalam proyek perubahan maupun inovasi lainnya yang menggunakan sistem secara digital, tentunya ini perlu diapresiasi oleh kita semua.” Ungkap Wakil Wali Kota Bekasi.

Lebih lanjut lagi, beliau menyampaikan bahwa roda pemerintahan harus tetap berjalan didukung dengan kemampuan manajemen yang baik dan pengoptimalan sumber daya yang ada. Telah terbukti pada keberhasilan Kota Bekasi dalam mengendalikan Covid-19, bahkan Kota Bekasi ditetapkan oleh Gubernur sebagai Kota Terbaik dalam Pengendalian Covid-19 di Jawa Barat.

Dalam penganugerahan ini terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu Kecamatan Terinovatif, Perangkat Daerah Terbaik dan Perangkat Daerah Terinovatif  dengan nilai tertinggi. 

Untuk kategori Kecamatan Terinovatif dengan jumlah nilai inovasi tertinggi berhasil diraih oleh Kecamatan Medan Satria, disusul pada peringkat kedua Kecamatan Bekasi Utara dan peringkat ketiga diraih oleh Kecamatan Bekasi Timur.

Pada kategori Perangkat Daerah dengan Inovasi Terbaik jatuh Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, peringkat kedua diraih oleh RSUD dr. Chasbulah Abdul Madjid dan untuk peringkat ketiga diberikan kepada Dinas Kesehatan Kota Bekasi. 

Sementara untuk kategori Perangkat Daerah Terinovatif dengan jumlah nilai inovasi terbaik diberikan kepada RSUD dr. Chasbulah Abdul Madjid, DPMPTSP dan DBMSDA Kota Bekasi.

Bappelitbangda Kota Bekasi berencana akan terus melaksanakan kegiatan yang serupa pada tahun-tahun yang akan datang, sebagai pendorong dan semangat bagi Perangkat Daerah agar terus berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. (IF-PIP)